Follow Us

Mahasiswa Ingin Belajar Jadi Bos Teknologi? Bisa Ikut Program Gratis Ini

Wahyu Subyanto - Selasa, 17 April 2018 | 10:44
Ilustrasi para bos sedang diskusi
ef

Ilustrasi para bos sedang diskusi

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id - Saat ini, dunia digital telah merasuki seluruh ranah kehidupan.Begitu pula perusahaan dari seluruh dunia berkompetisi untuk tetap tumbuh dan bertahan, termasuk startup raksasa seperti Tokopedia, BUkalapak, Gojek atau Traveloka.Semuanya membutuhkan SDM yang siap dan trampil dalam kepemimpinan, serta akrab dengan teknologi digital.Karena itu, generasi muda di Indonesia harus disiapkan sebagai calon pemimpin yang mampu bersaing secara global di masa mendatang dan masuk dalam dunia kreatif berbasis digital. Salah satu korporasi yang punya program seperti itu adalah XL, lewat XL Future Leaders ( XLFL ) Global Thinking.(BACA : Rusia Blokir Aplikasi Telegram Karena Tak Mau Jujur Soal Enkripsi )

Tahun ini, program gratis ini sudah memasuki tahun ke-7, dan kini dibuka lagi kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengikuti program XLFL yang dibuka mulai 1 April hingga 31 Juli 2018.Menurut Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mereka percaya program ini sangat mendukung siswa untuk mempersiapkan diri masuk dalam dunia global dan digital.Saat ini sudah ada 6 angkatan yang terbentuk, dengan 4 angkatan telah menyelesaikan program yang diberikan. Total, program ini telah berhasil diselesaikan oleh 550 peserta sejak dimulainya program ini.Tahun ini ada sosialisasi berbeda dari XLFL yang sebelumnya.

(BACA : Operator Seluler Mulai Blokir Kartu Prabayar Tanpa Registrasi yang Benar )

Tahun ini mereka menyelenggarakan sosialisasi lewat diskusi publik yang membahas tentang isu yang terkait di tiap daerah yaitu Bandung, Makassar, Medan, Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta. Diskusi publik ini tak hanya melibatkan anak-anak muda kreatif, tetapi juga pihak pemerintahan, media, dan pelaku bisnis digital di setiap kota. Pertimbangan memilih tema diskusi publik, yaitu ingin mengajarkan dan melatih para siswa untuk lebih peka terhadap kondisi dan permasalahan di daerah mereka masing-masing.Selain diskusi publik, XLFL juga mengadakan sosialisasi program di 26 universitas di berbagai daerah di Tanah Air. (BACA : Asus Luncurkan Seri Zenfone Max 23 April Mendatang, Bukan Zenfone 5? )Program sosialisasi XLFL ini akan berlangsung April hingga Juli 2018 lewat acara takshow interaktif dan sharing session.Persyaratan ProgramUntuk bisa mengikuti program berdurasi 2 tahun ini, syarat yang harus dipenuhi antara lain :1. Berstatus sebagai mahasiswa aktif, berusia maksimal 21 tahun.2. Saat mendaftar sedang menempuh tahun pertama atau kedua program S-1.3. Terbuka untuk semua jurusan, dengan IPK minimal 2,8.

Program XLFL ini terbuka untuk seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia. Tahun ini, jumlah peserta yang diterima minimal 150 orang yang terpilih lewat serangkaian seleksi ketat dari XL Axiata. (BACA : 4 Kelebihan Black Shark, Hape Gaming Xiaomi yang Resmi Dijual Murah )Tidak ada kuota khusus untuk masing-masing daerah pada saat seleksi peserta dilakukan.Mahasiswa yang ingin ikut program XL Future Leaders dapat mengikuti seleksi lewat registrasi online di join.xlfutureleaders.com, yaitu mulai 1 April hingga 31 Juli 2018. Peserta yang lulus registrasi online akan diumumkan pada bulan Agustus. Peserta yang lulus registrasi online akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu Tes Tertulis (BACA : Perbandingan Spesifikasi Black Shark dan Razer Phone, Bagus Mana Ya? )Tahap selanjutnya yang harus diikuti oleh calon peserta program XLFL adalah FGD dan Interview, yang akan diadakan pada bulan Agustus hingga September. Pengumuman peserta yang lulus tahap ini, dan sekaligus menjadi peserta XLFL angkatan ke-7, akan diumumkan pada bulan Oktober 2018.

Isi ProgramProgram XLFL Global Thinking akan mengajarkan berbagai kompetensi yang dibutuhkan generasi muda untuk mampu berkiprah di tingkat global.Hal itu termasuk agar mampu bersaing memperebutkan posisi strategis di berbagai perusahaan multinasional dunia di masa mendatang.Proses pendidikan dan bimbingan peserta XLFL angkatan ke-7 akan mengacu pada kurikulum yang dirancang oleh XL Axiata.(BACA : 6 Fitur Baru yang Ditawarkan Gmail Setelah Dirombak, Makin Komplit! )Pada kurikulum ini, peserta akan mendapatkan materi yang menekankan 3 kompetensi, yaitu komunikasi efektif, jiwa kewirausahaan dan inovasi, serta pengelolaan perubahan. XLFL juga punya program soft skill berbasis video yaitu e-learn. Bedanya, E-learn ini dapat diakses oleh seluruh masyakarakat dengan membuka website E-learn di elearn.id. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest