Follow Us

Trafik Data Telkomsel Naik 21 Persen, Pelanggan Doyan Video Streaming dan Media Sosial

Wahyu Subyanto - Rabu, 02 Januari 2019 | 22:36
BTS Operator
kompas

BTS Operator

Nextren.com – Seperti tahun sebelumnya, libur Natal, akhir tahun dan Tahun baru membuat trafik komunikasi melonjak.Bagi operator Telkomsel, momen pergantian tahun tersebut mencatat trafik layanan data mencapai 17,2 petabyte.Angka ini meningkat 21,3% dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2018. Jika dibandingkan dengan periode Tahun Baru 2017/2018, maka trafik layanan data kali ini melonjak 61,7%.

Baca Juga : 855 BTS Gratis untuk Daerah Terpencil dan Tertinggal, Meski Cuma 2GWilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dan Yogyakarta.Peningkatannya mencapai 27,6% dibandingkan hari normal, diikuti Jawa Barat (26,8%) dan Sumatera Utara (24,0%).Menurut GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangannya kepada Nextren.com, tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming di smartphone atau komputer tablet saat pergantian tahun baru. "Pelanggan juga melakukan aktivitas momen ini lewat media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini,” tambah Denny.

Baca Juga : Mengejutkan! Lebih Dari 40 Persen Penghuni Internet Bukan Manusia

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang menyaksikan film atau video secara streaming yang mencapai 33,4%. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial dengan kontribusi sebesar 32,5%. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 17,0% terhadap penggunaan layanan data.

Baca Juga : Kekurangan dan Kelebihan Xiaomi Redmi Note 6 Pro Seharga Rp 2 Jutaan dan Pesaingnya

pemasangan Mobile BTS Telkomsel
Telkomsel

pemasangan Mobile BTS Telkomsel

Sementara untuk layanan suara dan SMS, trafik layanan suara juga mengalami kenaikan sebesar 1,1% menjadi 1,3 miliar menit, dibandingkan dengan trafik pada hari normal.Hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS, yang mengalami kenaikan 13,1% menjadi 605,3 juta SMS.Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan di 628 titik keramaian utama seperti seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan.

Baca Juga : Ngerinya Teknologi Deepfake, Bisa Ganti Video Wajah Siapapun

Itu juga termasuk 13 titik yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan dan 49 pusat perbelanjaan yang membutuhkan kualitas layanan broadband yang andal.Beberapa aktivitas Telkomsel adalah mengerahkan 88 unit compact mobile base station (Combat) atau Mobile BTS.Secara khusus Telkomsel membangun 776 BT) multi-band LTE baru, dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia.

Baca Juga : 5 Hambatan Penerapan 5G di Indonesia, Meski Operator Siap Masuk 5GDari sisi pelayanan pelanggan, disiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 3.779 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa dilayani sekitar 428 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest