Follow Us

Keributan Qualcomm dan Apple Menjalar ke Intel, Dianggap Mau Monopoli

David Novan Buana - Selasa, 25 Desember 2018 | 20:45
Qualcomm
cultofmac.com

Qualcomm

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Perseteruan antara Qualcomm dengan Apple ternyata berpengaruh pula pada pihak lain yang tidak terlibat di dalamnya.

Seperti yang terlihat dari pernyataan yang dikeluarkan oleh Intel, perusahaan yang tentunya kamu kenal sebagai produsen prosesor kelas dunia.

Menurut Intel, tindakan yang diambil oleh Qualcomm beberapa waktu belakangan ini dianggap memperlihatkan anti-kompetitif, karena menekan usaha perusahaan lain untuk bersaing dengannya.

Baca Juga : iPhone Dilarang di Tiongkok, Perang Antara Qualcomm dan Apple Memanas

Hal tersebut dinyatakan dalam post Intel Newsroom yang dibuat oleh Steven Rodgers selaku Executive Vice President and General Counsel of Intel Corporation.

Pernyataan yang dibuat oleh Steven tentunya memiliki kaliber yang berat, dan bisa pula dianggap sebagai sikap perusahaan secara resmi.

Melalui post yang diberi judul kampanye tuntutan paten Qualcomm bukanlah mengenai menegakkan hak kekayaan intelektualnya.

Steven memberikan bukti mengenai beragam denda yang didapatkan oleh perusahaan pembuat SoC tersebut.

Baca Juga : iPhone Dilarang di Tiongkok, Perang Antara Qualcomm dan Apple Memanas

Beberapa di antaranya adalah denda sebesar hampir $1 milyar di China, $850 juta di Korea Selatan, $1.2 milyar oleh European Commission, dan $773 oleh pemerintah Taiwan.

Semua itu adalah denda yang disebabkan oleh praktik perusahaan tersebut untuk mengurangi inovasi, menetapkan harga yang terlalu besar dan pada akhirnya menaikkan pula harga yang harus diemban oleh konsumen.

Source : Techpowerup

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest