Follow Us

Mengenal LiFi ala Signify, Teknologi Kirim Data Lewat Cahaya

Wahyu Subyanto - Kamis, 06 Desember 2018 | 17:50
LiFi
Science ABC

LiFi

Nextren.com - Hari ini, Signify sebagai penerus brand Philips Lighting mengenalkan teknologi pengiriman data terbaru bernama Light Fidelity (LiFi).Demo LiFi ini dipasang di stan Interact Office & Interact Industry, di Senayan City di Main Atrium Senayan City, Jakarta.LiFi adalah teknologi di mana pencahayaan LED berkualitas tinggi mampu menyediakan koneksi Internet pita lebar (broadband) melalui gelombang cahaya. LiFi adalah teknologi nirkabel dua arah berkecepatan tinggi yang mirip dengan WiFi, tetapi menggunakan gelombang cahaya sebagai pengganti gelombang radio untuk mengirimkan data.

Baca Juga : Mari Kenalan dengan LiFi, Teknologi yang Diduga Sebagai Pengganti WiFi

Maka, sesuai kecepatan cahaya yang jauh lebih cepat dibanding WiFi serta masih kosongnya pengguna, maka kecepatan dan kapasitas (bandwith) yang bisa disediakan oleh LiFi, juga sangat besar.LiFi menawarkan manfaat lebih dibandingkan WiFi karena dapat digunakan di tempat-tempat di mana frekuensi radio dapat mengganggu peralatan, seperti di rumah sakit.Bisa juga di tempat dengan sinyal WiFi tidak dapat mencapai atau lemah di area seperti di bawah tanah. Luminer Signify untuk kantor yang diaktifkan dengan teknologi LiFi menyediakan koneksi pita lebar dengan kecepatan 30Mb per detik (Mb/s) tanpa mengorbankan kualitas pencahayaan.

Baca Juga : Aplikasi Online Payment DANA Klaim Karya Anak Bangsa, Bisa Pakai QR Code

Dengan 30Mb/detik, pengguna dapat melakukan streaming beberapa video berkualitas HD secara bersamaan sambil melakukan panggilan video.Setiap luminer dilengkapi dengan modem terpasang yang memodulasi cahaya pada kecepatan yang kasat mata manusia. Cahaya dideteksi oleh kunci USB/dongle LiFi yang terpasang ke soket laptop atau tablet (di masa depan teknologi tersebut akan dibangun ke dalam laptop dan perangkat). Dongle USB LiFi mengembalikan data ke luminer melalui tautan inframerah.

Baca Juga : Pakai Alat Ini, Bisa Nonton TV di Smartphone Tanpa Koneksi Internet

Signify Interact Retail1
Signify

Signify Interact Retail1

Intinya cahaya di dalam mal atau toko akan memancarkan cahaya yang tampak oleh mata kita, sekaligus bisa diisi dengan data yang akan diterima oleh dongle receiver (alat penerima).Nah dari penerima yang tertancap ke laptop itulah, bisa diatur informasi apa yang bakal diterima oleh pengunjung mal atau toko.Tentunya si pengunjung sebelumnya harus sudah download aplikasi tertentu, misalnya aplikasi mal atau toko, supaya pihak toko bisa mengirim informasi atau promo.Jadi pengunjung bisa mendapatkan informasi yang relevan dan sesuai kondisinya, misalnya diskon atau promo sepatu Nike saat berada di dekat toko tersebut.Dengan luminer Philips yang dapat terkoneksi dengan LiFi, pelanggan juga akan mendapatkan manfaat ganda dari kualitas, pencahayaan LED hemat energi dan koneksi yang sangat aman, stabil dan kuat karena LiFi memiliki spektrum 10.000 kali WiFi. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest