Follow Us

NVIDIA Titan RTX, Graphics Card Monster Berharga Rp 36 Juta

David Novan Buana - Rabu, 05 Desember 2018 | 21:11
NVIDIA luncurkan graphics card monster terbarunya, Titan RTX dengan harga yang mencengangkan.
CNET

NVIDIA luncurkan graphics card monster terbarunya, Titan RTX dengan harga yang mencengangkan.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Seakan tidak puas mengejutkan gamer di seantero dunia dengan graphics card seharga 17 jutaan, RTX 2080 Ti, NVIDIA kembali menghantam dompet pengguna komputer.

NVIDIA umumkan graphics card terbarunya yang memiliki kekuatan laksana monster, Titan RTX dengan harga yang tidak tanggung-tanggung, mencapai sekitar Rp 36 jutaan!

Rasanya hanya gamer yang terlalu banyak uang sehingga bingung mau dibuang ke mana saja yang akan menyentuh GPU berkekuatan Titan ini.

Baca Juga : Apa Itu Graphics Card? Tanpanya Komputermu Tak Bisa Tampilkan Visual!

Pertama mari lihat spesifikasinya terlebih dahulu, karena itulah yang membuat graphics card ini mendapatkan harga yang begitu mewah.

Titan RTX memiliki 4608 CUDA graphics core, 576 Tensor core, dan 72 RT core; plus memory GDDR6 sebesar 24GB.

Apa arti dari angka tersebut? Titan RTX adalah graphics card yang dirancang untuk menjalankan proses AI dan data yang masuk ke dalam machine learning.

Jadi bisa dilihat bahwa game bukanlah tujuan utama dari dibuatnya GPU ini, karena kekuatannya sudah jauh melampaui apa yang diminta oleh game terbaru sekalipun.

Bahkan untuk menjalankan teknologi Ray Tracing, yang mampu memperlihatkan detail cahaya di permukaan yang kecil sekalipun, misalnya di pantulan bola mata, game saat ini masih banyak yang belum menggunakannya.

Arah dari pengembangan GPU ini tampaknya memang untuk digunakan oleh peneliti guna melatih AI dengan menggunakan deep learning dan machine learning.

Kecepatan pembelajaran AI dengan menggunakan Titan RTX akan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan kartu lain saat ini.

Source : Gizmodo

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest