Follow Us

AI Camera Pengukur Kualitas Air, Kandang Digital Hingga Monitoring Tambak Menangkan Lomba IOT 2018

Wahyu Subyanto - Selasa, 27 November 2018 | 21:35
Ilustrasi IoT (Internet of Things)

Ilustrasi IoT (Internet of Things)

Nextren.com - Internet of Things (IOT) menjadi layanan baru yang sedang digarap operator, menjanjikan pemanfaatan teknologi seluler untuk bidang yang lebih luas.Setelah membangun laboratorium IoT “X-Camp” awal November 2018, XL mendukung ajang kompetisi IoT terbesar “Republic of IOT 2018” (RIoT) di Jakarta, akhir pekan lalu. Ada 30 tim terpilih dari seluruh Indonesia menampilkan proyek IoT potensial asli Indonesia.Menurut Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Kiril Mankovski kepada Nextren, dukungannya atas RIoT 2018 ini merupakan bagian dari upaya dalam mengembangkan bisnis IoT.

Baca Juga : Cara Pakai Private Window Supaya History Pencarian Tak Ketahuan"Kami melihat potensi besar yang dimiliki oleh para developer lokal Indonesia dalam mengembangkan IoT. Karena itu, kami berharap banyak melalui R-IoT 2018 kami akan bisa mendapatkan gambaran yang lebih pasti mengenai kemampuan dan potensi para developer,” ujar Kiril.Republic of IoT 2018 berlangsung selama dua hari, 24 dan 25 November, 2018. Dalam RIoT 2018 ini peserta diminta membuat solusi berbasis IoT dari berbagai topik yaitu: agrikultur, logistik, energi dan utilitas, industrial IoT, keamanan, kesehatan, fintech, building automation, fleet management, dan transportasi. Solusi-solusi yang dihasilkan diharapkan dapat direalisasikan untuk masyarakat dan industri.

Baca Juga : Bocoran Harga Hape Layar Lipat Samsung, Yakin Sanggup Beli?

Dalam acara ini, XL business solutions menghadirkan inovasi produk dan layanan untuk mendukung perkembangan ekosistem IoT di Indonesia. XL Axiata menghadirkan infrastruktur NB-IoT; X-camp sebagai laboratorium developer IoT; dan FlexIoT sebagai platform developer IoT dalam membangun inovasi IoT.Karya dari 30 tim dinilai oleh tim juri, untuk memilih 3 tim sebagai juara dan 1 tim favorit. Baca Juga : PES 2019 Baru Resmi Dirilis 3 Bulan tetapi Sudah Berhasil Dibajak

Hasilnya pemenang pada RIoT 2018 masing-masing adalah: Pictafish dari Malang, Ultrafarming dari Banda Aceh, dan Disteam dari Malang.

Tim Favorit dimenangkan oleh Mahapati dari Bali. Selain hadiah uang, pemenang berkesempatan mengembangkan karyanya lebih lanjut dan mendapat bimbingan serta inkubasi di X-Camp.Karya tim pemenang berupa Water Measurement Kit yang mengintegrasikan AI camera dan water sensors untuk menganalisa kualitas air.

Baca Juga : Bakal Segera Dirilis, Samsung Bocorkan Spesifikasi Galaxy A8s

Berikutnya ada Kandang digital untuk monitoring dan controlling peternakan ayam.

Terakhir ada Early Warning System pendeteksi kebakaran hutan. Sementara juara favorit membuat karya berupa Smart Water Monitoring System untuk Tambak Ikan Kerapu .Selama berlangsungnya RIoT 2018 juga diselenggarakan sejumlah aktivitas, antara lain Breakout Class, berupa Workshop; Hardware Hands-On; dan Un-Conference, yaitu panggung yang terbuka bagi seluruh pengunjung untuk bebas berbicara soal topik pilihannya. Juga ada makerspace yang merupakan miniature dari makerspace yang ada di X-Camp, pengunjung dapat mengenal IoT dan merasakan pengalaman secara hands-on merakit device IoT. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest