Follow Us

Aplikasi Relúmĭno Bikinan Samsung Bantu Penderita Gangguan Penglihatan

Wahyu Subyanto - Kamis, 29 Maret 2018 | 16:53
Tampilan menu dari aplikasi Relúmĭno
Edelman

Tampilan menu dari aplikasi Relúmĭno

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id- Menurut laporan dari World Health Organization (WHO) pada Oktober 2017, sekitar 253 juta orang mengalami gangguan penglihatan dan sebanyak 86 persen mengidap low vision. Samsung Electronics baru saja merilis Relúmĭno, aplikasi untuk membantu penderita gangguan penglihatan (low vision) agar dapat melihat dunia dengan jelas serta membantu mereka dalam mengatasi hambatan penglihatan di kehidupan sehari-hari. Aplikasi yang membutuhkan Gear VR ini membantu pengidap gangguan penglihatan (low vision) agar melihat gambar lebih jelas saat mereka membaca buku atau melihat objek.Relúmĭno merupakan hasil pengembangan Samsung di dalam program Creative Lab (C-Lab), sebuah program inkubator dari Samsung.

(BACA : Facebook Ubah Shortcut Menu Pengaturan, Bayar Lunas Isu Kebocoran Data? )Relúmĭno sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “Menyala Kembali”, adalah aplikasi yang membantu penglihatan dengan mengoptimalkan Gear VR dalam penggunaannya. Pengguna smartphone Samsung dengan model Galaxy S8, dan S8+, serta Note 8, S9, dan S9+ dapat mengunduh aplikasi Relúmĭno secara gratis di Oculus Store, dengan dukungan untuk bahasa Inggris dan Korea. Aplikasi Relúmĭno bekerja dengan cara memproses gambar dari video yang diproyeksikan melalui kamera belakang smartphone dan membuat gambar menjadi lebih jelas.“Melalui Relúmĭno, penderita gangguan penglihatan (low vision) bisa berkesempatan melihat apa yang mereka tidak bisa lihat sebelumnya,” kata Jaiil Lee, selaku Vice President and Head of Creativity & Innovation Center at Samsung Electronics.

(BACA : Facebook Diam-Diam Rekam Aktifitas Telepon dan SMS, Ini Cara Mengeceknya )

Beberapa fitur utama dari aplikasi Relúmĭno ini meliputi:1. Memperbesar dan memperkecil gambar2. Memperjelas garis antar objek3. Menyesuaikan perbedaan warna dan kecerahan4. Membalikkan warna unuk membaca5. Omni-focal function (menyetel mode secara berbeda ketika melihat ke depan dan ke bawah)6. Penyaringan warna pada layar7. Mode partial vision (pemetaan ulang gambar)

(BACA : Penerapan AI Di OPPO F7 Makin Meluas, Tak Hanya Untuk Kamera Saja )

Relumino mengubah warna tulisan
Edelman

Relumino mengubah warna tulisan

Secara spesifik Relúmĭno membantu pemetaan ulang gambar yang tak terlihat oleh bagian mata ke bagian mata yang terlihat. Saat mereka mengatur titik buta mereka pertama kali penggunaan, aplikasi Relúmĭno secara otomatis menaruh titik buta di bagian mata yang terlihat dan menaruh gambar di dalam Tunnel Vision, sehingga membantu pengguna melihat lebih jelas.Kemampuan Relúmĭno sendiri sudah dibuktikan melalui penelitian klinis. Pada tahun 2017, Samsung bermitra dengan Professor Moon Nam Ju di Department of Ophthalmology of Chung-Ang University Hospital yang melibatkan Relúmĭno’s sebagai percobaan klinis.

(BACA : Ngeri, Ini 10 Jenis Data Pribadimu yang Disimpan Facebook dan Google )

Relúmĭno memperjelas garis
Edelman

Relúmĭno memperjelas garis

“Lebih dari 97% penderita gangguan penglihatan (low vision) mengalami perbaikan penglihatan yang signifikan dalam jarak pendek, menengah, dan jauh saat menggunakan perangkan Relúmĭno melalui Samsung Gear VR." "Perangkat tersebut membantu penderita low vision yang memiliki maksimum 0.1(20/200) penglihatan meningkat hingga 0.8 (20/25) penglihatan yang terkoreksi,” ujar Professor Moon Nam Ju dari Departemen of Opthalmology of Chung-Ang University Hospital. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest