Follow Us

REVIEW - Ready Player One: Film Oleh Generation X Untuk Generation X

Kama - Selasa, 27 Maret 2018 | 09:22
Ready Player One adalah film yang menampilkan pop culture paling banyak dalam satu film
Warner Bros

Ready Player One adalah film yang menampilkan pop culture paling banyak dalam satu film

Laporan Wartawan Nextren, Kama Adritya

Nextren.grid.id - Steven Spielberg merupakan sutradara yang terkenal dan memiliki banyak penghargaan dari film-film yang disutradarainya.

Spielberg juga salah satu sutradara yang memberikan banyak kontribusi pada budaya pop (pop culture) untuk anak-anak yang lahir di tahun 70 sampai 90'an.

Sebut saja film Back To The Future, Jaws, ET, Indiana Jones, Saving Private Ryan, dan masih banyak lagi.

(BACA: Mengenal Lava Z50, Android Go Murah Pesaing Nokia 1 Rp 900 Ribuan)

Film-film tersebut membentuk pop culture bagi generasi X atau Generation X yang merupakan orang-orang yang lahir di tahun 70-80'an.

Untuk itu, ketika Spielberg membuat film Ready Player One yang isinya penuh dengan referensi pop culture di masa generasi X tumbuh dewasa, maka tak heran kalau film ini membuat generasi X bernostalgia (catatan: penulis artikel ini juga seorang generasi X).

Film yang diangkat dari novel karya Ernest Cline ini memang penuh dengan referensi-referensi budaya angkatan 70 dan 80'an, baik itu dalam hal perfilman, games, sampai dengan musik.

Mungkin bahkan butuh menonton film ini berkali-kali untuk dapat mengenali semua referensi budaya ini. Terutama karena sebagian besar muncul hanya sepersekian detik di layar. Sehingga butuh mata tajam untuk dapat mengenali semuanya.

Dari awal film saja sudah padat akan referensi budaya tersebut, alunan musik Van Halen memulai film sembari narasi menjelaskan dunia yang menjadi inti cerita dari film ini.

Untuk masuk ke dunia OASIS, Wade harus menggunakan alat seperti VR dan tempat pijakan khusus yang bi
Warner Bros

Untuk masuk ke dunia OASIS, Wade harus menggunakan alat seperti VR dan tempat pijakan khusus yang bi

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest