Follow Us

Dahsyatnya Matahari dalam Video Resolusi 4K

Fatimah Kartini Bohang - Selasa, 03 November 2015 | 21:12
NASA luncurkan video matahari 4k
BGR

NASA luncurkan video matahari 4k

Pertengahan Juni 2015, NASA meluncurkan video 4k pertama yang menggambarkan kondisi luar angkasa. Sejak saat itu, lembaga pemerintah AS tersebut beberapa kali meluncurkan video 4k terkait hal-hal di luar bumi.

Kali ini, giliran matahari yang dipotret NASA untuk dipamer dalam kualitas video Ultra-HD, sebagaimana dilaporkan BGR dan dihimpun Nextren, Selasa (3/11/2015).

Video tersebut diambil dari divisi Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA, dalam rangka perayaan Halloween.

Tujuannya untuk memberikan visualisasi yang lebih jelas kepada masyarakat dunia atas penampakan pusat tata surya.

Video berdurasi 30 menit tersebut memperlihatkan matahari dalam 10 panjang gelombang yang berbeda. Tiap panjang gelombang menunjukkan temperatur dan warna solar yang berbeda-beda pula.

"Video ini memperlihatkan api nuklir dari matahari yang bisa kita lihat secara lebih detil. Ini menunjukkan perspektif baru atas pengetahuan yang menghubungkan kita dengan sistem solar," kata NASA dalam deskripsi video yang diunggah di YouTube.

Butuh waktu 300 jam bagi tim media NASA untuk menyatukan semua cuplikan (footage) dalam satu video matahari 4k. Dalam 10 jam, proses pengeditan video hanya rampung untuk satu menit video.

Banyaknya waktu yang dikeluarkan dianggap sepadan dengan hasil yang diperoleh. Sebab, NASA ingin memberikan pengalaman visual berkualitas seni tinggi atas pusat planet tersebut.

Berikut video yang dimaksud.

Source : BGR

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest