Follow Us

Studio Film Hollywood Pakai AI Untuk Cari Jenis Film Yang Bakal Laku

David Novan Buana - Minggu, 04 November 2018 | 19:12
Studio 20th Century Fox mulai mencoba teknologi AI untuk prediksi film yang akan sukses.
foxmovies.com

Studio 20th Century Fox mulai mencoba teknologi AI untuk prediksi film yang akan sukses.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Kecanggihan Artificial Intelligence (AI) dalam mengolah dan mempelajari data adalah hal yang tidak perlu diragukan kehebatannya.

Kini tidak hanya untuk robot saja, bahkan AI juga mulai digunakan di dunia perfilman, seperti yang dilakukan oleh studio terkenal 20th Century Fox.

Melalui bantuan AI bernama Merlin, studio film tersebut menganalisa jenis film apa yang disukai oleh penonton berdasarkan film yang telah ada.

Baca Juga : Google Bakal Gunakan Artificial Intelligence Di Search Enginenya, Pencarian Makin Mudah

Proses analisa yang dilakukan oleh Merlin adalah mencari pola, seperti elemen apa yang disukai oleh penonton film tertentu.

Melalui pola tersebut, maka bisa ditarik kesimpulan film seperti apa yang diramalkan Merlin akan laris seperti film yang menjadi basis data tersebut.

Film yang dianalisa akan dicacah menjadi frame per frame, dan setiap elemen obyek yang ada di dalamnya akan diberikan label.

Setelah itu, data yang didapatkan dari rasio label tersebut akan menjadi acuan untuk menemukan kira-kira apa yang disukai oleh penonton.

Misalnya bila film tersebut lebih banyak adegan dramanya, padahal sebenarnya tema besar dari film itu sendiri adalah action, maka bisa diperkirakan film berikutnya dengan elemen yang sama akan sukses.

Namun perlu diingat pula bahwa kesuksesannya hanya akan berasal dari penonton film yang menjadi acuan data.

Jadi, melalui bantuan AI ini, studio film dapat memilah segmentasi penonton, dan bisa memperkirakan seberapa besar keuntungan yang nanti akan didapatkannya.

Source : The Verge

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest