Follow Us

Esports Simulasi Balapan Dijadikan Olahraga Bermotor Resmi Di Jerman

David Novan Buana - Senin, 22 Oktober 2018 | 19:30
Game simulasi balapan
redbull.com

Game simulasi balapan

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Kecanggihan teknologi membuat game simulasi balapan menjadi begitu nyata, sampai Jerman mengakuinya sebagai salah dari olahraga balapan bermotor yang sah.

Melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh badan pemerintahan Deutsche Motor Sport Bund (DMSB), pemerintah jerman memasukkan game simulasi balapan ke dalam disiplin resmi di negara tersebut.

Langkah ini diambil setelah pertimbangan bahwa game simulasi balapan mampu memberikan pengalaman yang sama dengan balapan asli, di luar beberapa faktor seperti tarikan gravitasi.

Baca Juga : Ternyata Kaesang Diminta Ajari Jokowi Main Mobile Legends dan eSports

Bahkan ada pula platform seperti iRacing yang mampu memberikan pengguna pengalaman simulator balapan, dengan berbasis dari game balapan.

Beberapa pihak yang terlibat langsung dengan balapan profesional juga menyatakan game simulasi balapan membantu mereka untuk menjadi pembalap yang lebih baik.

Misalnya Lando Norris yang nanti akan mewakili McLaren pada musim balap 2019, mengatakan esports membantunya untuk mempertajam kemampuannya di F1.

Tidak hanya perorangan, game simulasi balapan juga digunakan oleh produsen mobil untuk mengetes produknya di jalanan.

Selain itu, Ford juga mencoba kemampuan mobilnya di kondisi ekstrim, seperti pada Nascar, di dalam simulasi balapan.

Ford juga menggunakan simulasi mengemudi, termasuk di dalamnya simulasi balapan, untuk membantu orang biasa untuk lebih fokus kepada pekerjaan hariannya.

Menariknya, Formula One dan Formula E bahkan sudah memiliki seri game dan tim esports sendiri, dan ikut berlaga di kancah internasional.

Source : Kotaku

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest