Follow Us

Instagram Tingkatkan Keamanan dengan Two-Factor Authentication

David Novan Buana - Rabu, 10 Oktober 2018 | 19:55
Instagram
Pexels

Instagram

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Keamanan di media sosial seperti Instagram adalah keharusan, dan dengan adanya fitur Two-Factor Authentication maka hatimu bisa lebih tenang.

Sistem otentikasi keamanan tersebut sebelumnya sempat diperlihatkan pada Agustus lalu, dan kini kamu sudah mulai bisa menggunakannya.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memasang apps otentikator seperti Google Authenticator yang dapat dengan mudah kamu temui di Play Store.

Baca Juga : Cara Bikin Foto Instagram Keren Hanya dengan Fitur Kamera Smartphone

Cara ini tentunya akan lebih aman dan mudah, bila dibandingkan dengan metode pengiriman pesan sms setiap kali kamu masuk ke dalam Instagram yang telah diterapkan sejak 2016 lalu.

Menghidupkan opsi keamanan ini juga tidak sulit; kamu hanya perlu masuk ke opsi Privacy and Security, dan memilih Two-Factor Authentication, setelah itu tinggal dihidupkan.

Nantinya Instagram akan langsung mengecek apakah kamu sudah memiliki apps otentikasi, dan bila belum maka kamu akan diberikan saran untuk mengunduhnya.

Bila kamu belum tahu apa itu sistem otentikasi dua faktor, teknologi ini akan memberimu opsi untuk mengesahkan akses masuk ke dalam apps sebelum menggunakannya, seperti Instagram atau media sosial lainnya.

Apakah perlu untuk digunakan? Ya, sangat perlu melihat begitu banyaknya serangan hacker pada media sosial belakangan ini.

Apalagi otentikasi berdasarkan pesan sms kini sudah bisa diakalioleh penyerang, dengan cara membajak SIM card, dan mengarahkan pesan sms yang kamu terima ke kartu palsu.

Baca Juga : Cara Mudah Download Video dari Instagram Bagi Kalian yang Gak Tahu

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir media sosialmu dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan juga rahasia yang ada di sana tidak disebarkan ke dunia maya.

Terutama untuk pengguna Instagram yang memiliki lingkaran terbatas, seperti bisnis, yang seringkali menggunakannya untuk berbagi pesan rahasia.(*)

Source : Engadget

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest