Follow Us

Update Gempa Donggala Matikan 500 BTS, Kominfo Kirim 30 Telepon Satelit

Wahyu Subyanto - Jumat, 28 September 2018 | 22:55
Gempa di Donggala, Sulawesi Tengah
dok. BMKG

Gempa di Donggala, Sulawesi Tengah

Nextren.com - Bencana alam gempabumi tektonik 7.7 SR terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/09/2018) pukul 17:02 WIB.

Seperti kebanyakan kejadian bencana lainnya, jaringan telekomunikasi di Donggala dan sekitarnya tidak dapat beroperasi karena pasokan listrik PLN terputus.

Menurut keterangan resmi dari Kominfo, hingga pukul 18.00 WIB, hasil pemantauan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, ada 276 BTS 2G, 3G dan 4G yang tidak bisa digunakan.

Bahkan menurut Kominfo, update informasi dari wilayah gempa hingga pukul 05.00 pagi tadi, lebih dari 500 BTS telekomunikasi seluler tidak bisa berfungsi.

Operator telekomunikasi kini tengah berupaya memulihkan pasokan listrik.

Baca Juga : Brian Acton Buka Suara tentang Perselisihannya dengan Mark Zukerberg

Caranya dengan menggunakan Mobile Backup Power (MBP) dan menunggu pulihnya pasokan jaringan listrik dari PLN.

Menteri Kominfo Rudiantara telah menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit ke lokasi bencana.

Tujuannya guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya.

Karena tak tergantung BTS, telepon satelit tentu leluasa dipakai di daerah bencana karena sinyalnya langsung dari satelit di atas bumi.

Baca Juga : Temukan Celah Keamanan Google, Pemuda Desa di Pasuruan Diganjar Rp 111 Juta

Sebelumnya, Kementerian Kominfo dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengirimkan informasi gempabumi melalui SMS ke pengguna ponsel di daerah Donggala dan sekitarnya pada hari Jumat sejak pukul 14.09 WIB.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest