Follow Us

Dua Pendiri Instagram Mundur, Ternyata Mark Zuckerberg Biang Keladinya

Wahyu Subyanto - Selasa, 25 September 2018 | 18:14
Kevin Systrom pendiri Instagram
forbes.com

Kevin Systrom pendiri Instagram

Nextren.com - Kabar terkini dari Instagram membuat heboh para pegiat teknologi.Bukan tentang fitur terbaru atau kinerja Instagram, tapi beritanya tentang mundurnya dua orang pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger, keduanya pendiri Instagram.Tahun 2012, Instagram resmi dibeli Facebook senilai 1 milyar dolar atau sekitar 14 triliun Rupiah.Sebelumnya, ada pendiri WhatsApp Jan Koum yang juga mengundurkan diri, setelah beberapa tahun dibeli oleh Facebook.

Baca Juga : Bos Google Ramalkan 10 Tahun Lagi Internet Pecah Jadi China dan Non-ChinaPara pendiri aplikasi yang dibeli Facebook mengundurkan diri, tentu mengundang pertanyaan, ada apa dengan Facebook atau Mark Zuckerberg sebagai pemiliknya?.Sebuah artikel dari Bloomberg, Selasa (25/9/2018), mengungkap bocoran dari sebuah sumber penting yang mengetahui masalah sebenarnya di balik mundurnya para pendiri itu.Menurut sang sumber, Kevin Systrom dan Mike Krieger mundur dari Facebook karena keduanya terus bersitegang dengan Mark Zuckerberg. Mereka berdua tidak sependapat dengan Zuck tentang masa depan dari Instagram, yang pertama kali diluncurkan tahun 2010 itu.

Baca Juga : 5 Kelemahan Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Dibeli di Harga Rp 2 Jutaan?

Kasus ini mirip saat pendiri WhatsApp Jan Koum mundur dari WhatsApp, karena juga tidak sepaham dengan Mark Zuckerberg.Dua pendiri Instagram itu frustrasi dengan sikap Mark Zuckerberg. Soalnya, Mark Zuckerberg yang kini berusia 34 tahun itu makin tergantung dengan Instagram untuk pertumbuhan Facebook di masa depan.

Saat Instagram dibeli tahun 2012 senilai USD 1 miliar, Mark Zuckerberg menjanjikan bahwa Facebook dan Instagram akan selalu berdiri sendiri-sendiri.

Baca Juga : Teknologi Ini Buat Seseorang Memata-Mataimu Lewat Hape, Nggak Aman!

Namun faktanya, makin lama Instagram dan Facebook terlihat 'disatukan'.Bahkan bulan Mei lalu, VP News Feed Facebook, Adam Mosseri sebagai tangan kanan Mark Zuckerberg, ditunjuk untuk menggantikan VP of Product Instagram, Kevin Weil.

Jelas, Facebook makin dalam ikut campur tangan ke dalam Instagram, bahkan muncul gosip bahwa Adam Mosseri bisa saja memimpin Instagram.

Baca Juga : Ajaib, Lihat Apa yang Terjadi Saat iPhone XS Dijatuhkan Berkali-Kali

Sejak berada di bawah naungan Facebook, Instagram terus berkembang dan kini memiliki 1 milyar pengguna dari seluruh dunia.Instagram dikatakan Mark Zuckerberg bertumbuh dua kali lebih kencang saat sudah dibeli Facebook, dibandingkan saat berdiri sendiri.Namun, para pimpinan Instagram sendiri tidak menyukai pernyataan Mark Zuckerberg tersebut.

Facebook CEO Mark Zuckerberg speaks during his keynote address at Facebook F8 in San Francisco, Cali
X90034

Facebook CEO Mark Zuckerberg speaks during his keynote address at Facebook F8 in San Francisco, Cali

Baca Juga : Vivo Siapkan Hape Ini Buat Saingi Realme di Pasar Gadget India

Pengunduran dua pendiri Instagram itu, ditanggapi Mark Zuckerberg sebagai pendiri dan pimpinan Facebook, lewat akun resminya di Facebook.

"Kevin dan Mike merupakan produk pemimpin yang luar biasa dan Instagram merefleksikan kombinasi kedua talenta mereka.'

"Saya telah belajar banyak bekerja dengan mereka selama enam tahun terakhir dan saya sangat menikmatinya.""Saya berharap mereka sukses dan menunggu untuk melihat apa yang akan mereka bangun berikutnya," ujar Mark Zuckerberg.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest