Follow Us

Layanan 4G LTE Diperluas ke Pelosok, XL Jangkau 376 Kota di Indonesia

Wahyu Subyanto - Sabtu, 26 Mei 2018 | 17:00
Teknisi XL Axiata memeriksa BTS di pulau Bintan, Kepulauan Riau
Ella

Teknisi XL Axiata memeriksa BTS di pulau Bintan, Kepulauan Riau

Laporan wartawan grid.id, Wahyu S.Grid.id - Dewasa ini, kebutuhan akan akses layanan data makin besar, sehingga menuntut operator untuk terus memperluas jaringan 4G.Salah satu operator 4G Indonesia, XL Axiata, berusaha terus memperluas jaringan 4G LTE ke berbagai wilayah di Indonesia termasuk beberapa diantaranya di area pelosok. Hingga saat ini, sudah sebanyak 376 kota/kabupaten yang terjangkau jaringan internet 4G XL. Ini juga menjadi salah satu wujud komitmen dukungan pada pemerintah, untuk menyediakan infrastruktur jaringan internet cepat bagi masyarakat di wilayah pedalaman, yakni daerah-daerah yang relatif cukup sulit dijangkau melalui jalur transportasi baik darat, laut, maupun udara. Keberadaan jaringan internet cepat ini akan menjadi jembatan penghubung penting bagi masyarakat, industri, dan pemerintah di daerah-daerah tersebut.

(BACA : iPhone 6 G4GB Nampang di Tokopedia Cuma Seharga Rp 2,5 Juta, Amankah? )Menurut Group Head Commercial LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono kepada redaksi Nextren, pihaknya akan memperluas jangkauan layanan 4G LTE ke semua area, terutama di luar Jawa. Berbagai aspek dipertimbangkan dalam menentukan daerah yang akan mendapatkan layanan internet cepat berikutnya, baik secara teknis maupun tingkat permintaan dari pelanggan. Dengan ketersediaan jaringan internet cepat ini diharapkan semakin mendukung perkembangan aktifitas perekonomian masyarakat setempat.Ditambahkan Rahmadi, masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan internet semakin banyak, terutama untuk akses melalui smartphone.

Sarana internet tersebut digunakan baik untuk kebutuhan sosial dan hiburan, maupun kegiatan produktif.

Apalagi, internet kini juga menjadi sarana penunjang utama untuk pendidikan anak di sekolah.Daerah yang baru saja mendapatkan layanan 4G LTE dari XL Axiata antara lain Kota dan Kab Bima, Kab Dompu di NTB, juga Kab Sekadau dan Kab Bengkayang di Kalimantan Barat.

(BACA : Hape LG Spesial BTS ini Wajib Dimiliki Army, Cek Tanggal Pre Ordernya )Selain itu, juga ada Kab. Konawe Utara dan Kab Bombana, Pahuwatu di Gorontalo, Kab Bener Meriah di Aceh serta pulau Sebira.

ilustrasi internetan 4G

ilustrasi internetan 4G

Sebira adalah pulau terluar di ujung paling utara dari gugusan kepulauan Seribu. Saat ini fokus penambahan kabupaten baru untuk luar Jawa, karena semua kabupaten di Jawa diklaim sudah terjangkau 4G LTE.

(BACA : Tokopedia Dituduh Adakan Flash Sale Palsu, Begini Jawabannya )Sementara itu, untuk jumlah BTS 4G secara total hingga saat ini telah mencapai lebih dari 22 ribu BTS.Saat ini, jumlah total pelanggan 4G XL mencapai sekitar 30 jutaJangkauan layanan data 3G dan 4G XL kini menjangkau sekitar 422 kota/kabupaten di Indonesia.

Area Kalimantan Barat Perluasan layanan 4G di propinsi Kalimantan Barat menjangkau wilayah yang cukup pelosok yakni di Kab. Bengkayang dan Kab. Sekadau. Bengkayang memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia. Sekadau berada lebih pelosok lagi di bagian tengah, berjarak lebih dari 220 km namun bisa dicapai lebih dari 5 jam, tergantung dengan kondisi jalan dan cuaca. Demikian juga dengan Kab Bener Meriah terletak di Provinsi Aceh bagian tengah yang berbukit-bukit.

(BACA : Cuitan Netizen tentang Tokopedia Ini Dijamin Ngakak dan Obati Kecewamu )Area ini cukup terpencil dengan akses jalan darat yang terbatas, baik untuk menuju Ibu Kota Provinsi di Banda Aceh, atau kota besar lainnya seperti Medan di Sumatera Utara. Untuk daerah seperti ini, layanan internet cepat 4G LTE akan sangat membantu percepatan pembangunan di banyak bidang teknis dan sosial.Area Sulawesi Tenggara Wilayah berikutnya adalah Kab. Konawe Utara dan Kab Bombana di Sulawesi Tenggara yang relatif mudah dijangkau dari Ibu Kota Provinsi di Kendari,.Begitu juga dengan Kab. Pohuwatu di Gorontalo yang tak begitu jauh dari Ibu Kota Provinsi Gorontalo.

Area NTT dan NTBAdapun area Kab Bima dan Dompu meski keduanya berada di Pulau Sumbawa, pulau paling Timur dari gugusan pulau yang masuk Provinsi NTB dan sangat jauh dari Mataram Ibu Kota NTB, namun transportasi udara telah menjangkau wilayah keduanya. Meski begitu, kehadiran layanan 4G LTE akan bisa mendukung pengembangan potensi yang dimiliki Sumbawa, antara lain pariwisata.Layanan 4.5G meluasSeiring dengan perluasan 4G LTE, jaringan 4.5G juga terus diperluas. Hingga saat ini, sudah lebih dari 100 kota/kabupaten yang bisa menikmati layanan internet 4.5G XL. Teknologi yang diterapkan untuk 4.5G meliputi Carrier Aggregation, 256 QAM, serta 4T4R 4x4 MIMO. Penerapan semua teknologi tersebut bertujuan untuk memberikan layanan data dan internet yang lebih stabil, kapasitas yang lebih besar dan meningkatkan kecepatan akses yang lebih baik.

(BACA : Lebaran Sebentar Lagi, Yuk Berburu Diskon dan Cicilan Hape Secara Online )Kota-kota tersebut tersebar baik di Jawa maupun luar Jawa. Kota-kota yang di Jawa antara lain seluruh Jabodetabek, Serang dan Cilegon di Provinsi Banten. Di Jawa Barat ada Bandung dan kota-kota sekitarnya, Cirebon, Sukabumi, Purwakarta, Subang, hingga Sumedang. Di Jawa Tengah ada Semarang, Tegal, Pekalongan, Cilacap, Magelang, Solo, hingga Kudus. Jawa Timur ada Surabaya, Malang, Sidoarjo, Pasuruan, hingga Sampang dan Bangkalan.Di luar Jawa, layanan 4.5G antara lain ada di Bali, yaitu di Denpasar, Badung, Tabanan, Klungkung, hingga Buleleng.

Lalu seluruh kota/kabupaten di Lombok di NTB.

Sementara itu di wilayah Sumatera ada di Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, dan Binjai. Area lainnya, ada juga di Batam, Tanjungpinang, Bangka, dan Belitung. Perluasan infrastruktur jaringan layanan data akan terus dilakukan untuk mendorong pertumbuhan penggunaan layanan data di masyarakat.

(BACA : Hape LG Spesial BTS ini Wajib Dimiliki Army, Cek Tanggal Pre Ordernya )Apalagi, layanan data menjadi kontributor utama bagi peningkatan kinerja perusahaan. Saat ini jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 54,5 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 76% dari total pelanggan.Layanan data XL tersebut didukung oleh lebih dari 105 ribu BTS termasuk 68 ribu BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah di Indonesia, serta jaringan fiber optik lebih dari 45 ribu km.

Editor : Wahyu Subyanto

Latest