Follow Us

Internet 4G LTE Bisa untuk Kendalikan Robot

Yoga Hastyadi Widiartanto - Rabu, 23 September 2015 | 13:25
CEO XL menggunakan robot Double untuk telepresence antara Jakarta dengan Surabaya saat peluncuran 4G LTE XL Surabaya dan Denpasar, Selasa (22/9/2015)
Yoga Hastyadi Widiartanto/Nextren.com

CEO XL menggunakan robot Double untuk telepresence antara Jakarta dengan Surabaya saat peluncuran 4G LTE XL Surabaya dan Denpasar, Selasa (22/9/2015)

Internet cepat seperti 4G LTE bukan cuma berguna untuk mengakses media sosial atau sekadar mempercepat unduhan aplikasi saja. Teknologi ini ternyata juga bermanfaat di dunia robotika.Salah satu perusahaan yang memanfaatkan 4G LTE untuk robotika adalah Double Robotics. Mereka adalah sebuah perusahaan rintisan digital atau startup asal California yang mendapatkan seed funding dari Y Combinator.Robot buatan mereka dikenal sebagai Double, sebuah telepresence robot yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Tubuh robot ini berbentuk tiang yang dapat disesuaikan ketinggiannya.Pada bagian atas, terdapat sebuah iPad yang digunakan untuk menampilkan wajah pengendali, serta sebuah speaker yang berguna untuk mengeluarkan suara. Sedangkan di bawah terdapat roda berbentuk mirip tabung."Robot ini bisa dikendalikan menggunakan aplikasi iOS. Asalkan ada koneksi internet kencang, seperti 4G LTE atau WiFi," terang Territory Manager PT Data Raya Solusindo Kristoforus Kusuma, selaku distributor resmi Double Robotics di Indonesia.Kristoforus membawa menghadirkan robot tersebut dalam acara Peluncuran 4G LTE XL untuk Surabaya dan Denpasar, di Jakarta, Selasa (23/9/2015) yang juga dihadiri Nextren. Di sana, Double dikendalikan dari Surabaya melalui koneksi 4G LTE XL."Sebenarnya selain 4G LTE juga bisa, asal internetnya kencang. Waktu itu kami pernah juga coba menggunakan 3G, bisa tapi sayangnya putus-putus, tidak semulus 4G," imbuhnya.Double bergerak menggunakan daya dari baterai berkapasitas 12.000 mAh. Daya sebesar itu dikatakan mampu membuat robot itu hidup selama 8 jam dan bisa terisi penuh lagi setelah charge selama 2 jam.Dia menjelaskan di Indonesia, perusahaannya membanderol Double seharga 3.000 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 43 juta untuk satu unit robot dan pengisi dayanya. Sedangkan iPad dan speaker mesti dibeli secara terpisah.Robot telepresence seperti ini berguna untuk menggantikan kehadiran seseorang di suatu tempat. Misalnya saat meeting di beberapa kota sekaligus atau untuk menyapa tamu di pintu masuk hotel.Kamu bisa menyaksikan video singkat tentang robot Double tersebut di bawah ini.

Editor : Deliusno

Baca Lainnya

Latest