Follow Us

Cara Unik Google Merekrut Programmer

Fatimah Kartini Bohang - Sabtu, 29 Agustus 2015 | 15:41
Logo Google
Google

Logo Google

Bagaimana caranya jadi engineer di Google? Perusahaan teknologi sebesar itu, dengan inovasi sebanyak itu, tentu tak main-main saat merekrut orang.

Tapi, jangan bayangkan tahapan tes masuk yang ruwet dengan persyaratan seabrek. Dilansir Nextren, Kamis (27/8/2015) dari Recode, Google ternyata memiliki alur perekrutan rahasia yang caranya unik, yakni berdasarkan kebiasaan seseorang mencari informasi di mesin pencari.

Hal ini terungkap dari kesaksian engineer baru Google, Max Rosett. Ia menceritakan pengalamannya direkrut Google hanya karena menuliskan "python lambda function list comprehension" pada kolom pencarian Google.

Kala itu ada masalah pengkodean pada data yang sedang dikerjakan Rosett di tempat kerja lamanya. Segera setelah mencari informasi terkait kalimat yang ia tulis, Rosett menerima sebuah pesan.

Pesan itu muncul otomatis di kotak pencarian. "Kamu berbicara dengan bahasa kami. Tertarik dengan tantangan?" Begitu tertulis pada kotak pencarian.

Kemudian antarmuka browser Rosett tiba-tiba tertaut ke google.com/foobar. Yakni laman tes pemrograman Google yang digunakan untuk merekrut engineer.

Beberapa kali HR Google memang menggunakan cara-cara unik untuk memasukkan talenta-talenta di luar Google ke dalam raksasa mesin pencari. Pada kasus Rosett, setelah tiga bulan sejak pertama kali menerima "tantangan" Google, ia akhirnya resmi jadi karyawan.

"Foo.bar adalah taktik perekrutan yang menakjubkan," tulis Rosett pada blog pribadinya.

"Google mengidentifikasi saya sebelum saya melamar dengan sendirinya. Mereka membuat saya merasa penting. Mereka juga menghormati privasi saya dengan selalu bertanya persetujuan saya sebelum mengakses informasi tentang saya," ia menambahkan.

Saat diminta keterangan tentang kesaksian Rosett, juru bicara Google malah merespon dengan kode aneh. Saat diterjemahkan, kode tersebut berarti "Puzzle are fun. Search on" atau "Teka-teki yang menyenangkan. Cari terus".

Nasib Rosett bisa dibilang keberuntungan atau takdir yang akhirnya menemukan jalan dengan cara random. Berniat jadi engineer Google? Mungkin kamu bisa mulai dengan sering-sering mencari informasi pengkodean di Google.

Source : Recode

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest