Follow Us

Waspada! Ada Malware di HP Android yang Bisa Bobol Rekening dan Aplikasi Kredit

Content Marketing ADV - Kamis, 25 Juli 2024 | 16:30
Ilustrasi malware yang menyerang HP Android
DOK. Kredivo

Ilustrasi malware yang menyerang HP Android

Nextren.com - Android tercatat sebagai sistem operasi HP paling populer di seluruh dunia.

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, sebanyak 3,9 miliar pengguna HP di 190 negara menggunakan sistem operasi tersebut.

Karena memiliki banyak pengguna, banyak hacker atau peretas mencoba untuk mengeksploitasi keamanan sistem operasi tersebut dengan membuat malware atau program yang bisa mengakses mobile banking hingga aplikasi kredit.

Pada 2020, pengguna HP Android diserang oleh malware bernama Medusa atau TangleBot yang dirancang untuk mencuri data pribadi hingga menguras rekening bank para pengguna HP Android.

Di 2024, berbagai situs pemberitaan mengabarkan bahwa malware Medusa kembali beroperasi dengan tiga kemampuan baru yang lebih canggih.

Pertama, malware ini bisa membuat HP Android terlihat seperti mati atau terkunci. Padahal, malware ini sedang menjalankan aktivitas jahatnya di latar belakang sistem Android.

Kedua, malware ini dapat melakukan tangkapan layar screenshot dari berbagai aplikasi yang sedang dibuka pengguna. Kemampuan ini membuat Medusa bisa mencuri informasi sensitif, mulai dari internet banking hingga kata kunci media sosial.

Baca Juga: Ini 5 Bahaya Root HP Android, Undang Malware Hingga Baterai Rusak

Ketiga, malware juga mampu mencopot aplikasi yang terpasang di HP Android, berjalan di atas aplikasi lain (drawing over), dan memperbarui data-data atau informasi pengguna di perangkat Android.

Dengan tiga kemampuan baru di atas, serangan Medusa menjadi sulit dideteksi dan diatasi oleh pengguna.

Cara Medusa menyerang HP Android

Medusa bisa memasuki sistem operasi Android melalui tautan atau link yang disisipkan dalam SMS, Whatsapp, e-mail, atau paket aplikasi Android (APK).

Editor : Nextren

Latest