Follow Us

Ini Strategi Jawa Barat dan DIY Dalam Menyukseskan Smart Province

Yussy Maulia - Rabu, 13 Desember 2023 | 16:04
Diskusi panel ketiga yang membahas smart province bersama perwakilan Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Dok. Istimewa

Diskusi panel ketiga yang membahas smart province bersama perwakilan Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi dua provinsi pertama yang mengikuti Gerakan Menuju Smart Province 2023. Kedua provinsi tersebut pun dinilai berhasil menyusun rencana induk (masterplan) berbasis kota cerdas di level provinsi.

Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart Province merupakan inisiatif lanjutan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI dalam mendorong implementasi kota cerdas atau smart city di Indonesia.

Melalui gerakan ini, pemerintah provinsi dibimbing dalam memanfaatkan teknologi untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi di level provinsi maupun kota dan kabupaten.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, 80 persen kota dan kabupaten di Jawa Barat dan DIY sudah menerapkan masterplan berbasis smart province.

Baca Juga: Gerakan Menuju Smart City 2023 Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Semuel mengatakan hal itu pada Forum Smart City Nasional 2023, Pameran, dan Awarding Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Kamis (7/11/2023)

"Rencana awal kami terkait smart city adalah menyiapkan daerah untuk bisa membangun masterplan. Karena membangun smart city itu tidak bisa dalam satu periode. Ini (pembangunan smart city) harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan," ujar Semuel.

Semuel juga mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk mendampingi seluruh kota dan kabupaten agar bisa bertransformasi secara merata.

“Harapannya, jika gerakan ini berhasil membangun smart city, smart kabupaten, (dan) smart province, akhirnya Indonesia bisa menuju Indonesia Digital Nation,” kata Semuel.

Baca Juga: Gerakan Menuju Smart City Bantu Kota/Kabupaten Manfaatkan Teknologi Digital

Strategi dan inovasi Jawa Barat

Di Jawa Barat, 24 dari 27 kabupaten dan kota sudah memiliki masterplan berbasis smart province. Rencana induk pembangunan tersebut didasarkan pada beberapa isu prioritas, seperti peningkatan akses kesehatan, pendidikan, hingga penyediaan infrastruktur dasar seperti air minum.

Editor : Sheila Respati

Latest