Follow Us

Uji Coba Satelit Satria-1 Sukses Terhubung ke Internet di 6 Lokasi

Wahyu Subyanto - Jumat, 08 Desember 2023 | 15:16
Satelit multifungsi Satria-1 milik Indonesia yang baru saja mengudara
Kominfo

Satelit multifungsi Satria-1 milik Indonesia yang baru saja mengudara

Nextren.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, hadir dalam pelaksanaan uji coba integrasi dan aktivasi satelit SATRIA-1 yang berlangsung pada 6 lokasi yaitu di Kota Manokwari, Kota Jayapura, Kota Ambon, Kota Batam, Kota Kupang, dan Kota Banjarbaru.

"Dari Jayapura bagaimana sinyalnya oke? Terus dari daerah mana lagi? Dari Jayapura bagus ya zoomnya? Dari Kupang? Mana lagi yang jauh, dari pulau-pulau? Dari Manokwari bagaimana? Ini masih tes ya bu Indah, bu Dirut?" Kata Menteri Kominfo dalam konferensi video melalui zoom pada Kamis, 7 Desember 2023.

Satelit SATRIA-1 telah berhasil terkoneksi dengan internet dalam pelaksanaan tahapan uji coba integrasi dan aktivasi yang berlangsung pada Kamis, 7 Desember sekitar pukul 13.30 WIB.

Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara, Adi Rahman Adiwoso dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Fadhilah Mathar, turut hadir bersama Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam pelaksanaan tahapan uji coba integrasi untuk kesiapan aktivasi SATRIA-1.

Baca Juga: Qualcomm Gandeng Vendor HP untuk Hadirkan Konektivitas Satelit

Dirut PT PSN, Adi Rahman Adiwoso mengatakan bahwa pelaksanaan tahap uji coba SATRIA-1 ini merupakan sebagian tes dari uji layak operasi.

"Zoom ini menggunakan Satelit SATRIA-1 dan jaringan SATRIA-1. Bisa dibuktikan bahwa semuanya sudah mulai jalan," kata Dirut PT PSN, Adi Rahman Adiwoso.

Dirut PT PSN, Adi Rahman Adiwoso juga berharap pelaksanaan tahap uji coba integrasi dan aktivasi SATRIA-1 ini dapat segera selesai sebelum akhir Desember 2023.

"Kita harapkan ini bisa selesai minggu depan secara teknis, disusul dengan masalah administrasi dan semoga sebelum Natal ada hadiah Natal pak," tutur Dirut PT PSN.

Tahapan uji coba integrasi ini dilakukan setelah suksesnya peluncuran SATRIA-1 pada Juni 2023 lalu dan pada November 2023, SATRIA-1 telah sampai di orbit 146 Bujur Timur (BT).

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest