Follow Us

Tenaga Hyundai Stargazer X Tak Ada Habisnya di Jalan Sempit Menanjak dan Berkelok

Wahyu Subyanto - Sabtu, 02 September 2023 | 09:00
Hyundai Stargazer X di kawasan Enam Langit, Magelang
way

Hyundai Stargazer X di kawasan Enam Langit, Magelang

Nextren.com - Ajang test drive langsung Hyundai Stargazer X dipakai untuk menguji ketangguhannya di jalanan ekstrim.

Sebanyak 19 unit mobil Hyundai Stargazer X diuji langsung oleh rombongan media dan Youtuber, dalam Media Drive Experience hari pertama Kamis, 31 Agustus 2023.

Dengan kondisi jalanan beragam, test drive Stargazer X diawali dari Bandara NYIA Kulonprogo, Yogyakarta, menuju kawasan ketinggian di Enam Langit Plataran Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dari bandara NYIA, sepanjang jalan kami menguji langsung beberapa mode berkendara, yaitu Norma, Eco, Smart, dan Sport.

Mode Eco dan Smart terasa cocok jika berkendara santai, dengan konsumsi BBM yang terbilang bagus untuk sebuah mobil MPV. Dengan kondisi jalan berkelok-kelok dan naik turun, serta seringkali harus menyalip banyak truk dan kendaraan kecil lainnya, odometer BBM mencatat angka 1:11.7.

Mode Sport benar-benar asyik dipakai untuk berkendara secara agresif, menyalip banyak kendaraan bisa dilakukan dengan penuh percaya diri, karena hentakan mesinnya tak pernah kekurangan tenaga.

Setelah sukses menjaga iringan mobil, 19 unit Stargazer X harus menjelajahi jalan berkelok dan sempit, naik tanjakan dengan kondisi jalan setengah beton, untuk mencapai Enam Langit, Magelang, yang berada di puncak bukit.

Stargazer X yang telah diberian penyegaran di eksterior, suspensi hingga ban dari ukuran 180 mm menjadi 200 mm, terasa tangguh menguji kemampuan suspensinya, saat melibas jalan dengan permukaan bergelombang serta akses lumayan berat.

Ditambah ground clereance tinggi yang setara SUV, Stargazer X layak diandalkan untuk mengarungi jalan sulit seperti jalan menuju kawasan Enam Langit di puncak bukit.

Kondisi jalanan sempit yang penuh tanjakan juga tepat untuk menguji fitur Auto Hold dan Parking Brake yang mampu bekerja dengan baik, menghentikan mobil dengan tenang saat diam di tanjakan curam.

Perjalanan dilanjutkan menuju Salatiga via Secang, lalu Boyolali, sebelum masuk tol menuju kota Solo.

Di jalan tol yang mulus, beragam fitur dan mode kecepatan bisa diuji langsung. Kami mencoba langsung dengan kecepatan hingga 150 km per jam, bodi Stargazer X tetap stabil tanpa terasa limbung.

Akselerasi dan perpindahan gigi berjalan mulus tanpa hentakan berarti, saat gas dibejek habis di jalan tol yang sedikit menanjak. Fitur Lane Keeping Assist juga terasa sensitif mendeteksi marka jalan dan otomatis memutar stir mobil saat mulai keluar dari maa jalan.

Fitur High Beam juga sangat terasa manfaatnya di jalan tol yang panjang dan gelap, karena secara otomatis bisa memindahkan sorot lampu utama dari High Beam ke Low Beam saat ada lampu mobil dari arah berlawanan, sehingga mereka tidak silau.

Masuk kota Solo selepas maghrib, Hyundai juga menjelaskan aplikasi Bluelink yang bisa dipakai mengendalikan mobil dari mana saja asal ada akses internet, termasuk memesan servis mobil tanpa harus datang ke bengkel.

Editor : Nextren





PROMOTED CONTENT

Latest