Follow Us

Coursera Terjemahkan 2000 materi Kursus ke Bahasa Indonesia & Fitur AI

Ida Bagus Artha Kusuma - Rabu, 16 Agustus 2023 | 21:20
Managing Director Coursera Asia Pacific Raghav Gupta (kiri) & Chief Executive Officer of Coursera Jeff Maggioncalda (kanan)
coursera

Managing Director Coursera Asia Pacific Raghav Gupta (kiri) & Chief Executive Officer of Coursera Jeff Maggioncalda (kanan)

nextren.com - Coursera, salah satu platform pembelajaran online terkemuka, baru-baru ini mengumumkan serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk mengangkat standar pendidikan di Indonesia.

Salah satunya adalah menyediakan course dalam bahasa Indonesia yang didukung oleh ChatGPT sebagai model learning yang digunakan.

Langkah-langkah ambisius ini didasarkan pada komitmen Coursera untuk memberikan akses pendidikan berkualitas tinggi kepada semua lapisan masyarakat, serta mendukung upaya pemerintah dan institusi pendidikan dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi tenaga kerja Indonesia.

inisiatif ini menghadirkan katalog besar konten pembelajaran dalam Bahasa Indonesia.

Lebih dari 2.000 kursus akan tersedia dalam bahasa lokal, membuka akses kepada konten berkualitas dari universitas dan institusi pendidikan terkemuka di seluruh dunia.

Kini, kursus-kursus yang sebelumnya hanya tersedia dalam bahasa Inggris, seperti The Science of Well-Being dari Yale University, AI for Everyone dari DeepLearning.AI, Programming for Everybody dari University of Michigan, dan What is Data Science? dari IBM, dapat diakses oleh siapa saja yang berbahasa Indonesia.

Langkah ini tidak hanya akan memfasilitasi pembelajaran bagi individu, tetapi juga memberikan dukungan kepada institusi pendidikan yang ingin meningkatkan kurikulum dan menghadirkan materi berkualitas ke dalam lingkungan pembelajaran mereka.

Sejalan dengan perluasan katalog konten, Coursera juga memperkenalkan fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang akan merampingkan dan memperkaya pengalaman belajar.

Salah satunya adalah Coursera Coach (beta), sebuah asisten pembelajaran virtual yang memberikan umpan balik yang dipersonalisasi kepada pelanggan Coursera Plus.

Fitur ini akan menjawab pertanyaan, merangkum video kuliah, serta memberikan bantuan interaktif dalam bahasa lokal.

Ini akan membantu meningkatkan efektivitas belajar online dengan memberikan panduan yang relevan dan personal.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest