Follow Us

Open Signal Nyatakan XL Axiata Unggul di Kecepatan Unduh dan Streaming video

Wahyu Subyanto - Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:27
Teknisi XL Axiata sedang menyiapkan antisipasi lonjakan trafik telekomunikasi
way

Teknisi XL Axiata sedang menyiapkan antisipasi lonjakan trafik telekomunikasi

Nextren.com - Operator selular XL Axiata mengalami peningkatan trafik dari tahun ke tahun. Maka tahun 2022 ini, XL Axiata menetapkan fokus pembangunan jaringan yaitu meningkatkan kapasitas, efisiensi, serta optimasi.

Tujuannya untuk memberikan pengalaman pelanggan (customer experience) yang lebih baik dari sebelumnya. Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam Media Update hari ini (11/8), upaya peningkatan kapasitas jaringan, efisiensi, dan optimisasi jaringan tersebut mencakup radio, transport, dan core, termasuk fiberisasi dan penerapan teknologi baru.

Dilakukan pula penataan ulang teknologi 3G ke 4G untuk meningkatkan kecepatan download jaringan XL Axiata. Gede menunjukkan hasil survey OpenSignal per Semester 1 2022, yang menempatkan XL Axiata unggul di kategori “Kecepatan unduh (Download Speed Experience)” dan “Pengalaman menonton dan streaming video (Video Experience)”. Hal itu disebut hasil dari upaya peningkatan kualitas jaringan tahun ini.

Baca Juga: Saat Sektor Telekomunikasi Kebal Resesi Lewati Pandemi

Menurut hasil survey OpenSignal tersebut, XL Axiata memiliki kecepatan unduh rata-rata tercepat, yaitu 18,7 Mbps, lebih cepat 15,2% hingga 108,1% daripada kecepatan yang mampu dihadirkan operator lain.

Sementara itu, pada kategori Pengalaman menonton dan streaming video, XL Axiata meraih skor penilaian sebesar 44,8 point.

Dengan pertumbuhan akses streaming video yang meningkat pesat maka kualitas pengalaman pengguna menjadi salah satu aspek yang sangat penting.

Kualitas pengalaman akses streaming video diukur dari parameter teknis, termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video, laju penundaan, dan lain sebagainya. Pembangunan jaringan XL Axiata di 2022 telah mulai dijalankan sejak awal 2022, yang mencakup beberapa aspek.

Pertama, peningkatan customer experience, lewat penerapan intelligence and automation untuk meningkatkan kemampuan jaringan.

Hal ini meliputi otomatisasi pada konfigurasi jaringan, optimasi, self-diagnostic, serta pemulihan jaringan. Selain itu, diterapkan pula automated optimization untuk VoLTE services, serta value-based planning tools yang melibatkan beberapa aspek strategis bisnis dalam perencanaan jaringan.

Dengan penerapan intelligence and automation ini, XL Axiata dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi jaringan secara lebih cepat, di mana intelligence and automation ini diaplikasikan pada proses perencanaan hingga pengoperasian jaringan.

Lalu, aspek ketiga adalah menyediakan pengalaman layanan yang lebih andal, dengan menambah BTS 4G kota-kota di Indonesia.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest