Follow Us

Cegah Mahasiswa Gunakan ChatGPT, Universitas Standford Rilis DetectGPT

Khoiruddin Yusup - Senin, 30 Januari 2023 | 17:30
Banner metode DetectGPT yang ditemukan Universitas Standford untuk mendeteksi tulisan mahasiswa yang menggunakan ChatGPT dalam menulis artikel
Neowin

Banner metode DetectGPT yang ditemukan Universitas Standford untuk mendeteksi tulisan mahasiswa yang menggunakan ChatGPT dalam menulis artikel

Nextren.com - Kehadiran situs berbasis kecerdasan (AI) buatan seperti ChatGPT belakangan ini sering sekali digunakan untuk mempermudah berbagai kegiatan penggunanya.

Sebagian besar penggunanya seperti mahasiswa sering menggunakan chatbot atau sistem LLM (Large Language Model) ini untuk membuat artikel ilmiah.

Namun hal ini justru membuat deretan institusi pendidikan geram, salah satunya adalah Universitas Standford yang baru saja merilis metode pendeteksi tulisan bot bernama DetectGPT.

Pembuatan metode ini ditujukan untuk menjadi alat pertama yang mampu memerangi teks yang dibuat oleh mesin dalam pendidikan tinggi.

Metode ini didasarkan pada sebuah prinsip bahwa teks yang dihasilkan oleh LLM biasanya tidak akan jauh dari di wilayah pencarian tertentu.

Baca Juga: Google Akan Rilis 20 Produk AI di 2023, Hadapi Ancaman ChatGPT

Sehingga para mahasiswa yang menggunakannya chatbot untuk mengerjakan essay atau artikel dapat diketahui dengan mudah.

Temuan ini akan dengan mudah digunakan untuk mendeteksi gaya penulisan artikel yang ditulis dengan oleh manuasia dan chatbot.

Pendekatan yang digunakan pada metode ini disebut dengan pembelajaran “zero-shot” atau juga metode "zero-learning".

Metode ini dapat dilakukan tanpa memerlukan data atau pelatihan tambahan dalam sistemnya .

Sehingga pengajar mampu mendeteksi teks yang ditulis oleh mesin tanpa perlu mengetahui alat kecerdasan buatan apa yang menghasilkan teks tersebut.

Metode ini berbeda dengan lainnya yang membutuhkan pelatihan "pengklasifikasi" dan kumpulan data paragraf yang dihasilkan.

Source : TechGoing

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest