Follow Us

DCI, ZTE dan APJII Hadirkan Node IIX, Perkuat Keamanan Data Digital

Fahmi Bagas - Rabu, 18 Januari 2023 | 15:00
Peluncuran node IIX yang diresmikan dengan penandatangan MoU antara DCI, ZTE, dan APJII, Selasa (17/1), di kawasan Cibitung, Jawa Barat
Nextren

Peluncuran node IIX yang diresmikan dengan penandatangan MoU antara DCI, ZTE, dan APJII, Selasa (17/1), di kawasan Cibitung, Jawa Barat

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - DCI gandeng ZTE dan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia) luncurkan node IIX (Indonesia Internet Exchange).

Kolaborasi antara ketiganya diresmikan dalam sebuah acara penandatangan MoU yang diselenggarakan pada hari Selasa (17/1), di kawasan Cibitung, Jawa Barat.

Adanya langkah DCI, ZTE, dan APJII tersebut dikatakan untuk memperkuat infrastruktur digital agar bisa berjalan dengan lebih aman.

Selain itu, Deputy President Director PT DCI Indonesia, Marco Cioffi turut menyatakan bahwa adanya IIX dapat meringankan beban perusahaan ketika mengalami sebuah kendala.

Baca Juga: APJII Soroti Perang Tarif Fixed Broadband, Kualitas Jadi Korban?

Ia juga menyebut kalau produk kolaborasi antara DCI, ZTE, dan APJII ini pun bakal menyasar sejumlah ISP (Internet Service Provider) yang ada di Indonesia.

"Apa yang kita tawarkan untuk ISP dan perusahaan-perusahaan," ujar Marco.

Lebih lanjut, kehadiran node IIX pun dinilai oleh Muhammad Arief, selaku Ketua Umum APJII, sebagai sebuah fasilitas.

Arief menyatakan kalau Internet Exchange merupakan sesuatu yang perlu dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan ISP di Tanah Air.

"Buat APJII, itu (Indonesia Internet Exchange) adalah fasilitas buat anggota (ISP) yang (berjumlah) 800-an," tuturnya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest