Follow Us

Opensignal: XL Axiata Raih Skor Tinggi di Kecepatan Unduh, Video, Gim dan Aplikasi Suara

Wahyu Subyanto - Kamis, 15 Desember 2022 | 19:30
Teknisi XL Axiata sedang melakukan perawatan pada salah satu perangkat BTS di daerah Rasuna Said, Kuningan. Jakarta. Senin (10/2)
xl

Teknisi XL Axiata sedang melakukan perawatan pada salah satu perangkat BTS di daerah Rasuna Said, Kuningan. Jakarta. Senin (10/2)

Nextren.com - Hasil analisa independen Opensignal dalam “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Indonesia Bulan Desember 2022” menunjukkan kinerja jaringan operator XL Axiata baru-baru ini. Oleh OpenSignal, XL Axiata dianggap unggul di empat kategori yakni, pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, dan pengalaman aplikasi suara.

Analisa oleh Opensignal dilakukan kepada pelanggan seluler selama 90 hari, mulai 1 Agustus 2022 hingga 29 Oktober 2022. Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa berbagai inisiatif telah diimplementasikan oleh XL Axiata untuk meningkatkan kinerja jaringan.

Upaya-upaya tersebut antara lain berupa menjaga ketersediaan dan kualitas sinyal pada seluruh BTS, serta optimisasi di sisi jaringan dan service (antara lain gim, video, voice).

Baca Juga: Perbandingan Kecepatan Internet 5G vs Wi-Fi di Indonesia, Beda Jauh!

Hal-hal tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mampu mendekati espektasi experience yang diinginkan pelanggan.

Selain itu, juga diterapkan smart investment, yaitu menambah kapasitas jaringan dengan mempertimbangkan pengaruh langsung terhadap pengalaman pelanggan. Berikut ini penjelasan terkait empat kategori survey pengalaman seluler dari Opensignal tersebut. Kategori Pengalaman Video

Pengalaman Video Opensignal mengukur kualitas video yang streaming ke perangkat seluler. Caranya dengan mengukur streaming video nyata lewat jaringan operator.

Metrik tersebut didasarkan pada pendekatan berbasis standar International Telecommunication Union (ITU) berdasarkan penelitian mendalam yang menghasilkan suatu hubungan antara parameter teknis, termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video dan laju penundaan, dengan pengalaman video yang dialami sesuai dengan laporan dari orang-orang.

Pengguna XL Axiata disebut bisa menikmati pengalaman terbaik saat streaming video lewat jaringan seluler di Indonesia, dengan 46,5 poin (dari 100).

Baca Juga: Adu Kecepatan 5G iPhone 14 Pro vs Flagship Samsung, Mana yang Lebih Kencang? Kategori Pengalaman Game

Metrik Pengalaman Game Opensignal mengukur bagaimana pengguna seluler merasakan permainan seluler multipemain secara nyata pada jaringan operator.

Diukur pada skala 0-100, pengalaman ini menganalisis bagaimana pengalaman bermain game seluler multipemain pengguna dipengaruhi oleh kondisi jaringan seluler termasuk latensi, kehilangan paket, dan jitter.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest