Ada 10 pasang “hiu" dan “buaya" yang turut meramaikan ajangPopCon Asia 2015 yang berlangsung pada 6-9 Agustus kemarin. Tapi, alih-alih bertampang seram, dua binatang yang lekat dengan kesan sangar itu justru berbentuk "imut" dan menarik. Jelas saja, karena mereka sebenarnya merupakan para kandidat maskot baru untuk kota Surabaya. Hiu (Sura) dan buaya (Baya) di sini adalah tokoh kartun buah karya para perancang yang tergabung dalam jejaring sosial untuk desainer grafis, Kreavi.Bekerjasama degan Pemerintah Kota Surabaya, pada akhir Juli hingga awal Agustus, Kreavi menyelenggarakan sayembara bernama Kinetic untuk “merancang ulang” buaya dan hiu yang menjadi ikon kota Surabaya itu.Nah, para hiu dan buaya yang mejeng di arena PopCon adalah 10 desain terbaik dari hasil sayembara. Pihak Kreavi kemudian menggelar voting publik untuk memilih mana di antara para binatang imut ini yang akan menjadi pemenang utama.
![Ke-10 kandidat maskot Surabaya di situs Kreavi](https://cdn.grid.id/photo/noimg.png)
Ke-10 kandidat maskot Surabaya di situs Kreavi
Voting mulai dibuka pada hari pertama penyelenggaraan PopCon Asia 2015 dan berlangsung hingga hari ini, Senin, 10 Agustus. Kamu bisa ikut menentukan maskot baru Surabaya dengan mengunjungi situs Kreavi di tautan berikut.Desain maskot yang menjadi pemenang akan diumumkan dalam acara ulang tahun Kota Surabya, 15 Agustus mendatang.Maskot “open source"Kepada Nextren, Bagus W. Ramadhan dari Kreavi menjelaskan bahwa tiga desainer maskot yang rancangannya mendapat suara terbanyak dalam voting akan terbang ke Surabaya untuk menerima penghargaan dari Wali Kota Tri Rismaharini.Satu maskot pemenang utama nantinya akan dijadikan “open source”, alias dibuka untuk dipakai oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Surabaya, termasuk sekitar 2.600 ibu rumah tangga yang tergabung dalam wadah program Pahlawan Ekonomi binaan Risma, sapaan akrab Ibu Wali Kota Surabaya. “Kami berharap maskot baru ini akan dikembangkan menjadi berbagai produk kerajinan lokal. Bisa dicetak di kaos untuk dijual, dijadikan boneka, hiasan, atau dibubuhkan di kemasan produk,” ujar Bagus ketika ditemui di arena PopCon Asia 2015, Minggu (9/8/2015).
![Bagus W. Ramadhan](https://cdn.grid.id/photo/noimg.png)
Bagus W. Ramadhan
Dia melanjutkan, desainer maskot akan mendapat royalti dari pemakaian hasil rancangannya. Hak cipta atas rancangan karakter icon kota Surabaya itu akan dikelola bersama Pionicon, layanan manajemen Intellectual Property bentukan komikus Si Juki, Faza Meonk.Di samping maskot di atas, kota Surabaya turut menggandeng Kreavi untuk mengajak para desainer merancang ulang kemasan aneka produk kerajinan -termasuk kue-kue, aneka pernak-pernik, hingga batik- hasil olahan UKM Surabaya dalam program lain bernama Tata Rupa.