Follow Us

Aplikasi Signal Kembangkan Fitur Stories Aman, Ikuti Tren?

Khoiruddin Yusup - Sabtu, 08 Oktober 2022 | 12:30
Logo aplikasi Signal yang disandingkan dengan aplikasi telegram dan WahatsApp.
Business Raw

Logo aplikasi Signal yang disandingkan dengan aplikasi telegram dan WahatsApp.

Nextren.com - Aplikasi Signal tengah berupaya untuk membawa fitur Stories ke dalam jajaran fitur messaging yang mereka tawarkan kepada pengguna. Signal sekarang tidak hanya mengandalkan keunggulan mereka sebagai aplikasi komunikasi Encrypted dengan tingat privasi pengguna yang tinggi.Dengan adanya fitur Stories Signal, kini mereka mengikuti tren aplikasi yang lebih terbuka seperti Instagram, Snapchat, dan Tiktok, namun dengan tetap menjaga privasi penggunanya.Fitur ini diluncurkan melalui aplikasi versi beta terbarunya yang diluncurkan minggu ini.

Baca Juga: Tentara Swiss Haram Pakai WhatsApp, Telegram, sampai Signal, Kenapa?Dalam feedback komunitas Signalusers, Developer Signal Greyson Parrelli mengatakan bahwa langkah ini dilakukan untuk mempermudah pengguna berbagi media di platform. (7/10/2022)"Stories memfasilitasi kamu untuk berbagi gambar, video, dan teks kepada temanmu di Signal dan bisa secara otomatis hilang dalam 24 jam." Ucap Parrelli. Walaupun begitu ia menambahkan bahwa pengguna tetap akan punya kontrol penuh dan juga privasi terhadap Stories mereka. Fitur ini juga akan memudahkan pengguna untuk berbagi kisah mereka ke orang lain secara personal ataupun dengan banyak orang di daftar kontak dan grup mereka."Kamu bisa mengirim Stories dengan sambungan Signal di akunmu (kontak di akumu + siapapun yang pernah mengobrol 1:1 denganmu) atau dengan daftar teman khusus dan salah satu grub Signal kamu." Tambah Parrelli. "Saat kamu berbagi Stories ke grup, semua yang ada dalam grup dapat melihat, membagikan, mereaksi, dan membalas Stories kamu." Pungkasnya.

Baca Juga: Bos Facebook, Mark Zuckerberg Ketahuan Pakai Aplikasi Signal

Tampilan fitur Stories pada aplikasi Signal versi beta.
PC Mag

Tampilan fitur Stories pada aplikasi Signal versi beta.

Namun, untuk versi beta saat ini pengguna hanya bisa menggunakan dan melihat fitur Stories dengan pengguna Signal versi beta lainnya. Hal lain yang unik dari fitur Stories di Signal ini adalah bagaimana pengguna juga punya kontrol untuk mononaktifkannya lewat menu Setting. Sehingga pengguna tidak akan terganggu karena melihat Stories yang dibuat oleh pengguna lainnya. Selama perioed percobaan ini, sebagian respon dari para pengguna dalam feedback tersebut positif dan menganggap fitur ini sangat berguna bagi mereka. Walau begitu, beberapa pengguna masih mengeluhkan banyaknya ruang dalam aplikasi yang dipakai untuk fitur ini. Tetunya hal ini akan menjadi bahan evaluasi untuk Signal dalam menyempurnakan fitur ini agar lebih stabil selagi masih diluncurkan dalam versi beta.

Baca Juga: Iran Blokir Aplikasi Signal Sebagai Pengganti WhatsApp, Kenapa?Berdasarkan laporan dari Washington Post, Presiden pertama Signal Meredith Whittaker mengatakan Signal akan berupaya menjaga keberlanjutan jangka panjang aplikasi. "Butuh biaya puluhan juta dolar per tahun untuk mengembangkan dan memelihara aplikasi seperti Signal." Ucap Whittaker. "Kami memiliki tujuan untuk berkembang, namun semua itu didorong oleh misi kami, bukan ambisi untuk mendapatkan keuntungan semata." Pungkas Whittaker.Dengan perkembangan ini tentunya Signal akan bisa mengejar kemajuan aplikasi komunikasi berbasis end-to-end encrypted lainnya seperti WhatsApp. Sehingga aplikasi ini masih bisa mempertahankan pengguna lama dan menarik konsumen baru dengan fitur stories ini. Para penggunanya akan tetap bisa merasa nyaman dalam berkomunikasi dengan sesama pengguna Signal tanpa khawatir akan keamanan percakapan mereka.

Baca Juga: Saingi TikTok, Instagram Perpanjang Durasi Stories Hingga 60 DetikNah itulah informasi fitur terbaru dari aplikasi Signal sobat Nextren. Buat kamu yang penasaran informasi teknologi dan tren lainnya, tetep pantengin Nextren.com ya!(*)

Source : Washington Post, signalusers.org

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest