Follow Us

Data Pribadi di Hasil Pencarian Google Bisa Dihapus Jika Tak Sesuai

None - Jumat, 23 September 2022 | 20:21
Tampilan aplikasi pencarian Google.
Zihan Fajrin

Tampilan aplikasi pencarian Google.

Google mulai menggulirkan tools/alat baru yang bisa memudahkan pengguna memproses penghapusan data pribadi yang muncul di hasil penelusuran Google Search.

Fitur yang disebut "Result about you" (Hasil tentang Anda) ini sudah tersedia bagi sejumlah pengguna Android, dan disebar secara bertahap.

Saat berita ini ditayangkan, fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Namun pengguna bisa mengajukan melalui halaman khusus yang dibuat Google di tautan berikut ini.

Baca Juga: Video TikTok & IG Akan Muncul di Google Search, Lebih Gampang Viral!

"Result about you" sendiri bisa ditemukan pada aplikasi Google versi Android dengan mengklik ikon profil pengguna yang tersedia di sudut kanan atas.

Dari situ, pengguna akan langsung menemukan menu "Result on you".

Dengan memilih menu tersebut, pengguna akan diarahkan pada halaman yang menjelaskan bagaimana mereka bisa meminta Google menghapus data pribadi dari hasil penelusuran di Google Search.

Data pribadi yang dimaksud misalnya nomor telepon, alamat rumah, e-mail, dan sebagainya.

Selain pada aplikasi Google, pengguna juga bisa menemukan menu "Result about you" saat melakukan pencarian. Misalnya ketika pengguna menemukan data dirinya muncul pada hasil pencarian, mereka bisa mengklik menu berikon tiga titik di sudut kanan setiap hasil pencarian.

Dari situ, pengguna akan menemukan panel "About this result" (Tentang hasil ini) yang memuat submenu "Result about you".

Menu baru ini juga dilengkapi dengan halaman yang menunjukkan proses permintaan penghapusan, apakah sedang diproses atau sudah disetujui oleh Google.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest