Follow Us

8 Kampus di Indonesia Ini Punya Mata Kuliah atau Jurusan Game, Termasuk Belajar Bisnisnya

Wahyu Subyanto - Kamis, 25 Agustus 2022 | 21:22
Ilustrasi bermain Game mobile
Kelvin Layzuardy

Ilustrasi bermain Game mobile

Nextren.com - Perkembangan industri gim dan eSport di Indonesia sangat menarik untuk dicermati.Jika kamu suka banget main game, jangan tanggung-tanggung.

Sekalian saja kuliah di jurusan game, jadi nantinya kamu bisa sekalian bekerja di bidang game.Apalagi ada beberapa kampus negeri yang sudah memiiki jurusan game tersebut. Paling tidak, kamu bisa menjadi generasi awal yang balajr game secara resmi.

Nah dimanakah kampus yang resmi memiliki jurusan game di Indonesia?

Baca Juga: Diminta Jokowi, Esports Mau Jadi Kurikulum Sekolah dan Jurusan di KampusTernyata ada beberapa kampus yang sudah resmi membuka jurusan game development di Indonesia. 1. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) di SemarangPesatnya pertumbuhan industri gim di Indonesia membuat universitas di Jawa Tengah ini membuka program eSport pada tahun ajaran 2018/2019.Titik berat penjurusan ini, yaitu pembekalan keterampilan, pengetahuan, dan karakter yang mana hasil akhirnya adalah munculnya calon atlet eSport profesional yang menjadi teladan bagi generasi selanjutnya.Bermain game bukan hanya menjadi mata pelajaran di Udinus, tapi juga telah menjadi penjurusan kuliah yang dapat diambil oleh calon mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang eSport.2. Universitas Indonesia (UI) Di Universitas Indonesia (UI), mata kuliah (matkul) game, e-sports, dan kecerdasan buatan (AI) akan ditambahkan di Program Studi Produksi Media Program Pendidikan Vokasi. 3. ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) di SurabayaMata kuliah game di ITS ada di Program S2 Teknologi Informatika, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas. Di program tersebut, ada matkul pengembangan game, virtual reality, dan augmented reality. 4. ITB (Institut Teknologi Bandung) di BandungJurusan game di ITB ditawarkan di Program Pascasarjana (S2), lewat jurusan teknologi media digital dan game,. Adapun matkul terkait game yang bisa diambil misalnya Game Engine Design & Development, Intelligent Game Theory, dan lainnya.

Baca Juga: Kominfo Tawarkan Beasiswa S2 Data Science di China dan India untuk Kembangkan Ekonomi Digital

5. Binus University di JakartaJurusan game di Binus University ditawarkan lewat Program S1 Game Application and Technology. Di jurusan ini, akan dipelajari pengembangan aplikasi dalam industri game. 6. PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) Jurusan game di PENS berupa Program Studi D4 Teknologi Game. Mahasiswa akan dibekali kemampuan terkait industri game, termasuk dari segi teknis hingga bisnis. 7. PNMK (Politeknik Negeri Media Kreatif) di JakartaPNMK juga menawarkan jurusan game dalam Program D4 jurusan Teknologi Permainan.Mahasiswa akan belajar pengembangan game, termasuk desain visualnya. 8. STMM (Sekolah Tinggi Multi Media) Yogyakarta Jurusan game di STMM Yogyakarta ada di Program Studi Teknologi Permainan. Ada mata kuliah seperti Sound Effect, Game Interface, Animasi Game, Perancangan Sistem Game, dan sebagainya. Itulah daftar kampus dengan jurusan game di Indonesia.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest