Follow Us

Apple Gelontorkan USD 10 Juta untuk Perangi Produsen Spyware Berbahaya

Gama Prabowo - Kamis, 07 Juli 2022 | 22:00
Ilustrasi privasi di iPhone
Apple

Ilustrasi privasi di iPhone

Nextren.com - Apple menempuh langkah besar untuk mencegah ancaman serangan spyware di platformnya.

Apple membuktikan komitmennya untuk memerangi spyware berbahaya dengan peluncuran program baru.

Pada 6 Juli lalu, Apple mengumumkan bahwa mereka menghibahkan dana sebesar USD 10 juta atau sekitar Rp 149, 8 miliar kepada organisasi keamanan siber untuk memerangi spyware.

Dilansir dari Apple Newsroom, dana hibah tersebut digunakan untuk mendukung organisasi yang menyelidiki, mengekspos, dan mecegah serangan siber yang sangat ditargetkan.

Apple menegaskan bahwa perusahaannya akan mendukung segala upaya memberantas serangan spyware, termasuk spyware yang dibuat oleh perusahaan swasta yang disponsori negara.

Program ini menunjukan bahwa Apple tak ingin lagi 'kecolongan' seperti yang terjadi pada kasus Spyware Pegasus tahun lalu.

Baca Juga: Waspada! Google Peringatkan Serangan Hermit Spyware, Ini Bahayanya

Lebih lanjut, Apple menjelaskan bahwa hibah akan diberikan kepada organisasi Dignity and Justice Fund yang didirikan oleh Ford Foundation.

Ford Foundation sendiri merupakan yayasan swasta yang didedikasikan untuk memajukan kesetaraan di seluruh dunia.

Direktur program Teknologi dan Masyarakat Ford Foundation, Lori MacGlinchey menyambut dengan baik dukungan Apple terhadap upaya memberantas spyware.

"Ford Foundation dengan bangga mendukung inisiatif luar biasa ini untuk mendukung penelitian dan advokasi masyarakat sipil untuk melawan spyware," ujar Lori MacGlinchey sebagaimana dikutip dari Apple Newsroom.

"Kami harus membangun komitmen Apple dan kami mengndan peruahaan dan lembaga donor untuk bergabung dngan Dignity and Justice Fund dan membawa sumber daya tambahan untuk perjuangan kolektif," sambungny.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest