Follow Us

Pantesan Banyak yang yang Pengin Jadi YouTuber, Begini Cara Hitung Penghasilannya

None - Selasa, 07 Juni 2022 | 16:54
Ilustrasi kanal YouTube Baim Paula dengan 20.6 juta Subscriber
YouTube

Ilustrasi kanal YouTube Baim Paula dengan 20.6 juta Subscriber

Nextren.com - Saat ini, profesi YouTuber menjadi idaman kaum milenial.Bagaimana tidak, mereka bisa menjadi terkenal dan banyak uang, serta bekerja di bidang yang sesuai dengan hobinya.YouTube merupakan salah satu media sosial yang mewadahi para pembuat konten video atau content creator. Melalui YouTube, pembuat konten yang juga disebut YouTuber ini bisa menghasilkan uang atau gaji dengan jumlah tak sedikit. Bahkan, seiring minatnya masyarakat menjadi YouTuber, pekerjaan ini sudah dianggap sebagai profesi yang menjanjikan.

Baca Juga: Kini YouTuber di Indonesia Harus Bayar Pajak, Segini Kisaran Biayanya

Sumber gaji YouTuber Gaji YouTuber bukan berasal dari YouTube itu sendiri. Melainkan, dari iklan yang masuk dalam video yang dibuat pembuat konten. Sebelum mengulas nominal gaji YouTuber, kenali terlebih dahulu apa itu Google AdSense yang menjadi sumber pundi-pundi uang YouTuber. Google AdSense merupakan layanan periklanan milik Google. Layanan iklan ini dapat juga dipakai melalui YouTube, yang merupakan salah satu platform Google. Dilansir dari laman Google, YouTuber harus memenuhi sejumlah syarat yang ditentukan. Antara lain, memiliki minimal 1.000 subscribers dan sudah ditonton paling tidak 4.000 jam dalam satu tahun. Perhitungan gaji YouTuber Dilansir dari laman Influencer Marketing Hub (2/6/2022), inti menjadi YouTuber adalah berusaha mendapatkan subscriber sebanyak-banyaknya. Semakin banyak subscriber kanal YouTube, semakin banyak pula iklan yang masuk. Adapun gaji seorang YouTuber, bisa dihitung dari Cost per Mille (CPM) dan Cost per Click (CPC).

Baca Juga: Inilah 3 Perlengkapan YouTuber dan Konten Kreator Rumahan, Simple dan Murah!

CPM adalah pendapatan uang dari setiap 1.000 penayangan iklan yang muncul dari video YouTube.

Rata-rata, nominal CPM yang diterima YouTuber adalah 18 dollar AS. Sementara CPC, diperoleh dari orang yang mengeklik tayangan iklan dalam video tersebut. Nominalnya sekitar 0,10-0,30 per klik dengan rata-rata sekitar 0,18 dollar AS per klik. Sayangnya, pendapatan dari CPC biasanya lebih rendah dari CPM karena banyak penonton yang melewatkan iklan saat melihat video. Selain dari iklan YouTube, pembuat konten dengan jutaan subscriber bisa juga mendapat pundi-pundi uang dari penawaran endorsement produk. Biasanya, pada tahap ini pembuat konten YouTube bisa disebut sebagai influencer. Gaji YouTuber 1.000 subscribers Dikutip dari Forbes (3/12/2018), sebuah video di YouTube dengan 1 juta penonton bisa menghasilkan lebih dari 500 dollar AS atau sekitar Rp 7,2 juta per bulan. Tergolong besar, inilah alasan profesi YouTuber sangat digandrungi pada masa-masa ini."Bahkan, gaji YouTuber terbesar di Indonesia bisa mencapai miliaran rupiah per bulannya.

Baca Juga: YouTuber dan Influencer Dapat 'Jatah Khusus' Masuk PTN Favorit IniTerkait dengan gaji YouTuber 1.000 subscribers, tergantung pada biaya per 1.000 alias CPM. Dilansir dari Google, pihak pengiklan akan memberikan bayaran untuk setiap 1.000 tampilan iklan yang ditayangkan dalam konten YouTube. CPM tersebut, bukan merupakan penghasilan murni karena belum bagi hasil dengan YouTube. Sementara itu, perhitungan gaji Youtuber bisa menggunakan rumus Revenues per Impression atau RPM, yakni pendapatan total per 1.000 tayangan setelah bagi hasil dengan YouTube. Rata-rata, nominal RPM yang diperoleh YouTuber adalah 1 dollar AS per 1.000 tayangan. Akan tetapi, nominal RPM ini bisa jauh lebih tinggi atau lebih rendah tergantung jenis iklan yang ditayangkan pada setiap video YouTube. Untuk menghitung estimasi gaji YouTuber 1.000 subscribers, bisa dilakukan dengan mudah melalui situs socialblade.com. Berikut cara menghitung estimasi gaji YouTuber :

Situs akan menampilkan seluruh informasi kanal, termasuk estimasi penghasilan yang diterima.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Gaji YouTuber? Ini Cara Hitungnya"Penulis : Diva Lufiana Putri

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest