Follow Us

Saat Ramadan Orang Lebih Lama Internetan, Ini Peluang dan Tantangannya

Wahyu Subyanto - Selasa, 01 Mei 2018 | 18:08
GetCRAFT Indonesia - Sesi Diskusi dan Tanya Jawab dengan Pembicara di Jakarta Content Marketing MeetUp, Winning Your Customer in the Ramadan
GetCRAFT Indonesia

GetCRAFT Indonesia - Sesi Diskusi dan Tanya Jawab dengan Pembicara di Jakarta Content Marketing MeetUp, Winning Your Customer in the Ramadan

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.com - Meningkatnya konsumsi media digital selama bulan Ramadan memberikan peluang bagi brand untuk menjangkau audiens seluas mungkin. Namun, menurut GetCRAFT, perusahaan jejaring kreator konten, selain menjadi kesempatan emas, momen bulan puasa juga menjadi tantangan brand untuk terhubung lebih erat dengan konsumen dan meraih perhatian mereka sejak awal."Di saat bulan Ramadan, terjadi tren peningkatan akan pembelian.""Namun, penting untuk diingat bahwa bulan yang suci ini merupakan momen untuk merefleksikan diri dan juga mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat."

(BACA JUGA : Aplikasi WeChat Simpan Riwayat Obrolan Pengguna Meski Telah Dihapus? )"Bagi brand yang akan menjalankan kampanye di bulan Ramadan perlu ini tentunya perlu mengingat hal tersebut guna menjangkau audiens dengan konten yang relevan”, ujar GetCRAFT co-founder dan CEO Indonesia, Anthony Reza.Saat ini, konsumen mencari konten yang relevan dengan minat dan momen dalam kehidupan mereka. Maka, memahami perilaku konsumen, menjangkau dengan konten yang tepat, dan menyampaikannya pada momen terbaik penting bagi brand untuk menjadi top of mind.Dalam rangka persiapan hari raya Idul Fitri, GetCRAFT menghadirkan acara Jakarta Content Marketing Meetup, bertajuk Winning Your Customer in the Ramadan Season.

(BACA JUGA : Bukan SMS ke 4444, Ini Cara Aktifkan Nomor yang Terlanjur Diblokir )

Acara ini turut menghadirkan perwakilan dari Google Indonesia, Kompas.com, PT. Paragon Technology and Innovation, dan All Stars.Saat Puasa, Lebih lama OnlineHasil riset Google Insight on Ramadan 2017 menunjukkan terjadinya peningkatan konsumsi di ranah digital dan perubahan pola konsumsi. Saat bulan puasa, waktu yang dihabiskan online lebih tinggi dibandingkan dengan periode lainnya. Hal lain yang ditemukan selama bulan Ramadan adalah terjadinya peningkatan penelusuran konten di YouTube terkait dengan religi, makanan, kecantikan, pariwisata, musik dan hiburan. Peningkatan konsumsi digital terjadi dua pekan sebelum Ramadan, dan mulai menurun pada pekan perayaan Idul Fitri.

(BACA JUGA : Inilah Beberapa Dampak Program Registrasi Ulang yang Masuk Akal )Tidak sedikit brand di Tanah Air yang menghadirkan kampanye dengan memanfaatkan momentum Ramadan ini. “Konten yang bersifat relevan, membanggakan, inspiratif dan aktual diminati oleh para pembaca.""Orang cenderung menolak hal yang memaksa dan tidak natural, jangan berusaha berubah ketika Ramadan tetapi masukkan nilai-nilainya”, ujar Kompas.com Editor in Chief, Wisnu Nugroho. All Stars CMO, Desy Bachir setuju, “pemasaran konten akan sukses bila relevan dan memberikan nilai tambah bagi audiens”.

Kunci menuju kampanye pemasaran konten yang sukses adalah dengan mengenali brand sendiri, mengenali audiens dan relevansi.

Paragon Technology and Innovation Marketing Director, Putri Paramita mengatakan “Rencana strategi pemasaran yang menyeluruh tentu harus dipersiapkan secara matang."

(BACA JUGA : Spesifikasi dan Harga Terbaru Apple iPhone 5C, Udah Turun Drastis )"Kunci untuk kampanye yang sukses adalah tidak mengulang resep yang sama, be as creative as you can.”Sebagai informasi, The Jakarta Content Marketing Meetup merupakan sebuah acara bulanan yang bertujuan menjadi wadah dan tempat berkumpulnya brand, agensi, para pelaku serta pebisnis industri kreatif untuk membahas tren terbaru dalam lanskap media dan pemasaran Indonesia. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest