Follow Us

Jaringan 5G iPhone 12 dan iPhone 13 Masih Dikunci, Kominfo Bereaksi Keras

None - Rabu, 12 Januari 2022 | 21:45
Paket Bundling Telkomsel iPhone 13
Telkomsel

Paket Bundling Telkomsel iPhone 13

Nextren.com - Ada yang aneh dari iPhone 12 dan iPhone 13 yang beredar di Indonesia.

Spesifikasi keduanya sudah sesuai frekuensi 5G di Indonesia, namun masih dikunci sehingga tak bisa dipakai untuk internet 5G.

Hal ini membuat Menteri Kominfo bereaksi.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan bahwa iPhone 12 dan iPhone 13 belum bisa mengakses 5G di Indonesia.

Hal itu dikarenakan Apple belum membuka "kunci" software lock untuk bisa mengakses 5G di Tanah Air.

Untuk diketahui, pabrikan smartphone, termasuk Apple, harus membuka "kunci" software lock melalui pembaruan software agar handset yang telah mendukung konektivitas 5G secara hardware, bisa mengakses layanan internet generasi kelima itu.

"Layanan 5G di Indonesia bekerja pada pita (bands) 2,3 GHz. iPhone sudah memiliki hardware handphone yang mendukung layanan 5G di pita ini, namun masih diperlukan upgrade dari sisi software-nya," jelas Johnny, Senin (10/1/2022).

Padahal, lanjut Johnny, Kominfo telah mengingatkan pihak Apple terkait pembaruan software, agar perangkat iPhone yang memiliki fitur 5G, yaitu iPhone 12 dan iPhone 13, bisa digunakan di Indonesia dengan lancar.

"Kominfo sudah mengingatkan pihak Apple agar segera melakukan antisipasi agar perangkat iPhone dapat segera memberikan layanan 5G di pita 2,3 GHz," kata Johnny.

Menkominfo tidak menjelaskan secara gamblang bagaimana respons dari Apple.

Baca Juga: 40 Juta Unit iPhone 13 Laku Saat Liburan Nataru, Apple Untung Besar!

Namun, Johnny mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan perangkat 5G yang beroperasi di Indonesia, agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest