Follow Us

Cara Menghapus "Sampah" Puluhan Gigabyte dari Instalasi Windows 10

Yoga Hastyadi Widiartanto - Selasa, 04 Agustus 2015 | 13:20
Tampilan Start Menu di Windows 10
New York Times

Tampilan Start Menu di Windows 10

Jangan berpuas hati dulu setelah selesai menginstal Windows 10 di komputermu. Sebab proses instalasi itu ternyata tak menghapus data-data Windows lama, sehingga terjadi penumpukan hingga puluhan gigabyte yang menyita space harddisk.Total penumpukan data itu bisa mencapai 20GB. Kapasitas yang lumayan untuk menyimpan beberapa film berkualitas high definition (HD), bukan?Sebenarnya data-data tersebut adalah sisa-sisa instalasi sistem operasimu yang sebelumnya, bisa Windows 7, 8 atau 8.1. Nah, semua data itu tetap disimpan sebagai cadangan supaya Windows 10 bisa dikembalikan (rollback) ke sistem operasi sebelumnya.Jika kamu memang berniat melakukan rollback, kapasitas harddisk terpaksa direlakan berkurang 20 GB. Tapi seandainya kamu membutuhkan kapasitas tambahan dan yakin tak ingin kembali ke Windows terdahulu, data puluhan gigabyte ini bisa "dibersihkan" dengan mudah.Cukup ikuti dua langkah sederhana ini, seperti yang sudah dipraktekkan oleh Nextren, (3/8/2015).1. Buka Disk CleanupAda dua cara untuk membuka aplikasi ini. Pertama, kamu bisa masuk ke File Explorer, kemudian pilih Drive C, klik kanan lalu pilih Properties.Selanjutnya dari kolom Properties bukalah halaman General dan perhatikan sudut kanan bawah. Di situ terdapat tombol bertuliskan Disk Cleanup.Tekan tombol tersebut, maka komputer akan mulai mengecek sampah-sampah data yang ada di sana.

Pilih opsi disk cleanup pada kolom Properties
screenshot

Pilih opsi disk cleanup pada kolom Properties

Selain itu, kamu juga bisa memakai cara lain. Ketik saja Disk Cleanup pada kolom pencarian aplikasi Cortana. Maka fitur yang dibutuhkan akan langsung muncul.

Kamu juga bisa membuka menunya melalui fitur pencarian di Cortana
screenshot

Kamu juga bisa membuka menunya melalui fitur pencarian di Cortana

Setelah klik opsi Disk Cleanup, sistem akan mulai menghitung berapa besar data yang bisa dihapus. Proses penghitungan cuma sebentar saja, dan setelahnya kamu bisa melihat detil data-data yang boleh dihapus.2. Bersihkan System FilesSelanjutnya pilih opsi Clean up system files agar sistem kembali mencari data-data yang dapat dihapus. Pada pencarian kedua ini, kamu bakal mendapatkan data instalasi Windows terdahulu yang mencapai 17 GB.

Pilih cleanup system files untuk menghapus instalasi windows lama
screenshot

Pilih cleanup system files untuk menghapus instalasi windows lama

Kalau kamu memang ingin menghapusnya, langsung saja tekan OK. Data cadangan itu pun akan dihapus untuk selamanya dan harddisk bakal terasa lebih lega!

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest