Follow Us

Mau Jual HP Lama? Hapus Data Tak Cukup Lindungi Data Sebelumnya

Wahyu Subyanto - Selasa, 28 Desember 2021 | 21:45
Ilustrasi jual hape lama

Ilustrasi jual hape lama

Nextren.com - Maraknya transaksi digital dan aplikasi membuat kita semua begitu mudah menyimpan data pribadi di sebuah smartphone.

Selain beresiko tersebar saat dipakai, data pribadi juga harus dikelola dengan baik saat hape akan dijual.

Semakin merebaknya ancaman kejahatan siber yang memanfaatkan kebocoran data pribadi membuat was-was.

Pengamat teknologi informasi (TI) yang juga pakar forensik digital, Ruby Alamsyah, mengatakan, data pribadi mutlak dilindungi sebaik-baiknya.

Baca Juga: Tren Instagram Ini Bisa Bikin Bahaya! Ambil Data Pribadi untuk Daftar Pinjol!

Ia mengatakan, sekali saja data pribadi bocor, maka data tersebut akan rawan disalahgunakan dan bahkan bisa semakin tersebar.

Oleh karena itu, Ruby meminta masyarakat untuk selalu mengingat bahwa data pribadi adalah sesuatu yang tidak boleh sembarangan dibagikan.

Hal itu berlaku untuk data yang bersifat fisik seperti fotokopi KTP, maupun data yang bersifat digital, seperti foto KTP di ponsel.

Tak hanya itu, Ruby juga mengatakan bahwa masyarakat perlu memahami teknik yang tepat dalam memusnahkan data-data yang tak terpakai, khususnya data digital.

Tidak cukup tekan "delete"

Menurut Ruby, menghapus data pribadi dalam bentuk digital tidak sesederhana memusnahkan dokumen fisik yang bisa dilakukan dengan cara merusaknya sampai tidak bisa direkonstruksi, misalnya dibakar atau dihancurkan menggunakan shredder (pencacah).

Ia memberikan contoh foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang biasa disimpan di ponsel dan sering digunakan untuk keperluan verifikasi di aplikasi-aplikasi elektronik.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest