Follow Us

Pilih Wi-Fi atau 4G? Internet 4G di Indonesia Terbukti Lebih Kencang!

None - Sabtu, 30 Oktober 2021 | 22:10
Wifi
The Star, Kenya

Wifi

Nextren.com - Ada beragam alasan orang untuk menjadi fakir WiFi karena selalu mencari internet WiFi saat berada di suat tempat.

Bisa karena tak punya kuota data, namun yang sering kita dengar adalah karena berharap internet yang lebih kencang,

Ya, pengguna ponsel kerap menyambungkan perangkatnya ke jaringan Wi-Fi yang tersedia di rumah, kantor, maupun tempat publik seperti bandara atau kafe.

Dengan menggunakan jaringan Wi-Fi, penggunaan kuota data seluler bisa dihemat.

Baca Juga: Cara Mudah Sambungkan WiFi ke Smart TV Tanpa Kabel Tambahan

Namun, untuk urusan kecepatan, rata-rata jaringan Wi-Fi di Indonesia ternyata tidak sekencang koneksi internet seluler 4G LTE.

Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah laporan dari lembaga riset mobile OpenSignal.

Dari riset yang digelar OpenSignal pada periode 1 Juli - 28 September 2021 itu, menemukan bahwa kecepatan download rata-rata dari layanan 4G di Indonesia adalah 15,1 Mbps.

Angka tersebut 25 persen lebih tinggi dibandingkan kecepatan rata-rata download melalui jaringan Wi-Fi di Tanah Air, baik di tempat publik maupun privat seperti kantor dan rumah, yang sebesar 12 Mbps.

Selain itu, 4G di Indonesia juga disebut lebih kencang dibandingkan rata-rata kecepatan download jaringan Wi-Fi dari perangkat MiFi, alias hotspot portabel, dengan 6,8 Mbps, serta internet seluler 3G yang hanya mencapai 4,9 Mbps.

Kecepatan rata-rata download 4G di beberapa wilayah di Indonesia dalam riset OpenSignal tercatat lebih tinggi dibandingkan jaringan Wi-Fi.

Meski demikian, pebedaan kecepatannya bervariasi.Di wilayah Papua Barat, misalnya, kecepatan rata-rata download 4G 58 persen lebih kencang dibanding jaringan Wi-Fi.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest