Follow Us

Kualitas Kamera Galaxy S9+ Tertinggi Di DxOMark, Gusur Google Pixel 2 dan iPhone X

Wahyu Subyanto - Sabtu, 03 Maret 2018 | 17:28
Samsung Galaxy S9 vs Asus Zenfone 5
kolase

Samsung Galaxy S9 vs Asus Zenfone 5

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id- Kualitas kamera sebuah smartphone memang bisa dilihat secara langsung.Namun jika tak dilakukan oleh seorang fotografer profesional, penilaian subyektif bagus tidaknya sebuah foto akan sangat dominan.Ada yang suka hasil foto agak gelap, ada yang suka terang benderang, ada pula yang suka foto agak soft.Selama ini ada DxOMark, sebuah situs yang terpercaya untuk membandingkan kualitas sensor sebuah kamera.

(BACA : Dolce & Gabbana Pakai Drone Untuk Pamerkan Tas Koleksinya, Keren ! )Rating yang dikeluarkan DxOMark untuk kualitas sensor sebuah kamera selalu ditunggu. Jika situs review kamera DP Review menilai sebuah kamera secara kualitas keseluruhan (harga, kehandalan, kecepatan dll), maka DxOMark lebih secara kuantitas berdasarkan pengujian karakteristik sensor di lingkungan laboratorium, karena DxOMark adalah produk dari lab DxO.Singkat kata, skor yang dikeluarkan oleh DxOMark akan lebih obyektif, karena dilakukan oleh alat dan software.Maka menjadi menarik untuk mengetahui skor dan rating smartphone terbaik yang ada di pasaran.

Apalagi baru saja bermunculan smartphone berkamera mantap yang dipamerkan di MWC 2018, di Barcelona Spanyol.

(BACA : Langkah Dapatkan Domain dan Hosting Gratis dari KOMINFO, Gampang Kok )

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus adalah smartphone yang hasil kameranya paling dicari saat ini, setelah sebelumnya ada iPhone X dan Google Pixel 2.Menurut hasil tes DxOMark, ternyata Galaxy S9 Plus saat ini adalah kamera terbaik untuk perangkat mobile.Sebelum hadirnya Galaxy S9 dan S9 Plus, kamera smartphone terbaik ada pada Google Pixel 2.Kini, Google Pixel 2 telah turun tahta ke posisi kedua.

(BACA : Hape Gim Butuh Spek Minimal Ini, Biar Lancar Saat Main Mobile Legends )Sementara smartphone kasta tertinggi Apple, yaitu iPhone X hanya duduk di posisi ketiga.Padahal Consumer Reports sebelumnya mengklaim bahwa iPhone X memiliki kamera smartphone terbaik, meskipun metode pengujian DxOMark dan Consumer Reports bisa berbeda juga. Menurut DxOMark, "Samsung Galaxy S9 Plus adalah smartphone tanpa ada kelemahan yang nyata di bagian kamera."

"Dalam mode diam dan video, ia tampil dengan baik di seluruh bagian, menghasilkan kualitas foto dan video yang baik secara konsisten, dalam segala kondisi pencahayaan dan adegan. "

(BACA : Rekomendasi Hape Murah Bagi Gamers Pemula, Bikin Betah Main Game )

DxOMark melakukan pengujian kamera sebuah gadget dalam waktu lama dan melibatkan tim khusus. Mereka mengambil lebih dari 1500 gambar dan video lebih dari 2 jam, lalu dibandingkan dengan beberapa perangkat lainnya.

Pengujian di lab khusus (area indoor dan outdoor). DxOMark menilai bahwa kamera Samsung Galaxy S9 Plus bekerja sangat baik dalam mode foto dan video. Hal yang paling menjadi favorit tim DxOMark saat menguji Samsung Galaxy S9 Plus adalah kemampuan mengendalikan noise dalam beragam kondisi, detail di pemotretan outdoor dan indoor, autofokus cepat dan akurat serta warna yang vivid.

Mendapat skor kor 99, Galaxy S9 Plus mengalahkan skor pIxel 2 yakni 98. Skor tertinggi di DXoMark tidak memakai poin 100. Jadi mungkin saja jika nantinya ada kamera smartphone yang lebih baik, skornya bisa tembus di atas 100. Sementara kualitas kamera tertinggi berikutnya ada Huawei Mate 10 Pro (skor 94), Apple iPhone 8 Plus (94), Samsung Galaxy Note 8 (92), Apple iPhone 8 (90), Google Pixel (90), HTC U11 (90), Vivo X20 Plus (90), dan Xiaomi Mi Note 3 (90). (*)

skor kamera DXoMark
DXoMark

skor kamera DXoMark

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest