Follow Us

Hasil Uji Speedtest: 4 Provinsi di Luar Jawa Ini Punya Internet Terkencang di Indonesia

None - Kamis, 09 September 2021 | 21:59
Perbandingan kecepatan internet operator seluler.
Wilsonaplifiers

Perbandingan kecepatan internet operator seluler.

Nextren.com - Internet telah menjadi kebutuhan utam, apalagi pandemi mengharuskan banyak hal harus dilakukan secara online.

Salah satu aspek penting dari internet seluler ialah kecepatan download dan upload.

Speedtest, aplikasi pengukur kecepatan internet, baru saja merilis analisis kinerja jaringan seluler di Indonesia, periode kuartal I dan II-2021.

Hasilnya sangat menarik karena dari 34 provinsi di Indonesia, ternyata hanya 4 provinsi yang punya rata-rata kecepatan download lebih dari 19 Mbps dan kecepatan upload lebih dari 12,5 Mbps.

Baca Juga: Cara Cek Kecepatan Internet Untuk Streaming Pakai Aplikasi Speedtest

Lebih mengejutkan karena 4 provinsi dengan kecepatan download dan upload tercepat di Indonesia itu semuanya ada di luar Pulau Jawa.

Speedtest menganalisis kecepatan download dan upload, serta ketersediaan jaringan 4G dari 5 operator seluler yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooreedoo, Tri (3), dan Smartfren.

Hasilnya, ada 4 provinsi dengan rata-rata kecepatan download tercepat hingga 19 Mbps, yaitu Papua Barat (20,14 Mbps) Bali (19,68 Mbps) Maluku (19,43 Mbps) Gorontalo (19,32 Mbps)

Selama kuartal II-2021, Speedtest tidak melihat ada provinsi yang secara statistik memiliki kecepatan download yang sangat lambat.

Namun, memang ada empat provinsi yang mempunyai median kecepatan unduhan kurang dari 11 Mbps, yaitu Jambi (9,20 Mbps), Lampung (9,29 Mbps), Kalimantan Tengah (9,90 Mbps), dan Sumatera Barat (10,64 Mbps).

Sedangkan untuk kecepatan upload, Speedtest melaporkan mayoritas atau 23 provinsi di Indonesia memiliki median kecepatan upload lebih dari 7,5 Mbps.

Namun, dari 23 provinsi tersebut, empat provinsi di antaranya ternyata memiliki median kecepatan upload melebihi 12,5 Mbps.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest