Follow Us

Google Akan Luncurkan Label Privasi di Play Store, Terinspirasi Apple?

Gama Prabowo - Jumat, 07 Mei 2021 | 15:00
Tampilan aplikasi Google Play Store
9to5Google.com

Tampilan aplikasi Google Play Store

Penemuan fitur label privasi sangat membantu pengguna dalam menjaga keamanan data pribadi mereka.

Menyadari hal tersebut, Google berencana untuk segera meluncurkan fitur label privasi di Play Store untuk menjamin keamanan data pribadi seluruh penggunanya.

Saat fitur label privasi di Play Store ini diterapkan, Google akan meminta seluruh pengembang untuk memberikan transparansi tentang bagaimana aplikasi mereka menggunakan data pengguna.

Dalam blog Android Developers, Google juga mengumumkan bahwa label privasi baru di Play Store nantinya akan membantu pengguna untuk memahami data yang dikumpulkan aplikasi.

Baca Juga: Sempat Tertunda, Google Akhirnya Beri Label Privasi di Gmail iOS

Sekilas, fitur label privasi di Play Store ini mirip dengan label privasi Apple di iOS 14 yang rilis pada akhir tahun 2020 lalu.

Label privasi iOS 14 mewajibkan semua pengembang menyertakan informasi akses apa saja yang dilakukan aplikasi terhadap perangkat.

Mulai dari akses lokasi, data pribadi, browsing history, catatan kesehatan, catatan keuangan, informasi sensitif, dan lain sebagainya.

Lantas, kapan Google akan meluncurkan label privasi di Play Store? Simak penjelasan di halaman berikutnya!

Tim pengembang Google mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan beberapa waktu tambahan untuk menerapkan fitur label privasi di Play Store.

Pada sekitar bulan Juni-September 2021, tim Google baru akan membagikan sumber daya dan persyaratan kebijakan baru kepada pengembang.

Selain itu, Google juga akan mengirimkan panduan mendetail tentang kebijakan privasi aplikasi di Play Store.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest