Follow Us

Apple Dikabarkan Dekati Pemerintah untuk Produksi iPad di India

Gama Prabowo - Jumat, 19 Februari 2021 | 20:53
Ilustrasi penggunaan iPad
pxhere

Ilustrasi penggunaan iPad

Nextren.com - Apple dikabarkan sedang berusaha menjalin kedekatan dengan pemerintah India terkait dengan kerja sama produksi iPad di India.

Melansir dari Reuters.com, pemerintah India berencana untuk meningkatkan kuantitas ekspor negaranya dengan meluncurkan skema baru yang menggandeng beberapa perusahaan besar dunia, termasuk Apple.

Apple merespon kabar tersebut dengan baik, bahkan mereka dikabarkan sedang menjalin negosiasi intensif dengan pemerintah India untuk mencapai kesepakatan yang terbaik bagi kedua belah pihak.

Baca Juga: Paket Premium Spotify Lebih Murah Hadir di India, Apa Untungnya?

Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan skema ekspor baru bernama PLI (Performance Linked Incentive) pada tahun 2020 lalu.

Melalui skema PLI, pemerintah India mendorong perusahaan-perusahaan elektronik besar dunia seperti Apple untuk memproduksi lebih banyak produk di India.

Untuk mewujudkannya, pemerintah India menggelontorkan dana hingga 1 Milliar US Dollar serta menawarkan cashback bagi para supplier dan produsen besar dunia terkait aktivitas ekspor.

Melalui skema PLI ini, pemerintah India berharap akan terjadi peningkatan dalam hal promosi manufaktur elektronik dan perluasan lapangan pekerjaan.

Bahkan Apple mengajukan anggaran yang sangat besar untuk hal itu. Sebesar apa, yuk simak di halaman selanjutnya.

Berdasarkan sumber yang dihimpun oleh Reuters, Apple menjadi salah satu perusahaan besar yang tengah melobi pemerintah India untuk mengajukan proposal baru dengan perubahan nominal pendanaan.

Pihak Apple ingin nominal pendanaan dalam proposal berubah menjadi 2,7 Milliar US Dollar (hampir Rp 38 triliun).

Permintaan peningkatan pendanaan dari Apple itu berkaitan dengan kurangnya supply chain yang diperlukan untuk memproduksi barang eletronik di India.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest