Nextren.com -Snapchat sebelumnya digadang mengeluarkan fitur layaknya TikTok, yaitu Songs.
Fitur Songs ini bisa digunakan pengguna untuk memilih lagu dan dimainkan untuk pengisi background video.
Namun, fitur yang dimaksud mirip seperti TikTok bukanlah Songs.
Melainkan Spotlight yang baru saja dihadirkan, fitur yang menunjukkan berbagai video pendek yang dapat digulir dan dibuat oleh pengguna.
Baca Juga: Cara Mudah Ketahui Nama-nama Tanaman Koleksi Lewat Fitur Scan Snapchat
Spotlight akan menempati tab kelima di aplikasi Snapchat, menggantikan tempat tab Discover.
Bila mengklik fitur Spotlight bukan berarti kita langsung membuat sebuah video pendek.
Melainkan pengguna akan melihat postingan atau snap yang dibuat oleh pengguna lain.
Pengguna bisa gunakan kesempatan ini untuk mendapat audiens atau penonton yang lebih besar.
Bagaimana cara kerjanya? Yuk simak halaman berikutnya.
Bila ingin membuat video Spotlight, langsung saja lewat snap dan mengirimkannya melalui fitur Send To.
Spotlight dikatakan lebih mirip dengan halaman For You atau Untuk Anda (FYP) di TikTok.
Melansir Tech Crunch, FYP TikTok dikurasi dengan ringan, meskipun dengan algoritma yang belajar untuk menunjukkan kepada pengguna konten yang lebih relevan dari waktu ke waktu.
Namun Spotlight Snap memiliki beberapa perbedaan.
Baca Juga: Yuk Kenali Fitur Sounds di Snapchat, Saingan TikTok Lainnya Selain Reels
Spotlight tidak hadir saat pertama kali kita membuka aplikasi Snapchat dan itu lah perbedaannya.
Karena Snapchat secara default adalah platform pribadi, pengguna harus secara eksplisit mengirimkan posting untuk ditampilkan di tab Spotlight.
Konten foto tidak secara otomatis dilemparkan ke khalayak publik yang besar.
Profil pengguna bersifat pribadi secara default dan Spotlight tidak akan menampilkan komentar publik, meskipun pengguna dapat menyukai dan meneruskan video yang menghibur.
Perusahaan mengatakan, aplikasi akan mempelajari preferensi orang dari waktu ke waktu dan menunjukkan konten yang lebih disesuaikan.
Ide dari adanya fitur Spotlight memungkinkan Snap mengekstrak nilai dan tampilan maksimum dengan menyiarkan klip hiburan secara lebih luas.
Meskipun hanya dapat dilihat oleh satu orang, atau sekelompok kecil orang.
Snapchat menawarkan 1 juta Dollar AS untuk pendanaan bagi kreator mendistribusikan videonya yang paling menghibur.
Baca Juga: Google Web Stories, Fitur Pencarian Terbaru Dari Stories Instagram
Uang ini didistribusikan berdasarkan berapa banyak orang yang menonton klip pengguna, berapa lama mereka menontonnya, dan apakah mereka menyukai klip tersebut.
Syarat lainnya, pengguna harus berusia di atas 16 tahun.
Fitur ini tersedia di AS, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris Raya, Irlandia, Norwegia, Swedia, Denmark, Jerman, dan Prancis.
Dan untuk masuk ke Indonesia mungkin fitur ini akan memerlukan waktu.
Baca Juga: Instagram Luncurkan Fitur Video Reels yang Mirip TikTok di Kanada
(*)