Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan sebuah perayaan yang diadakan oleh sejumlah platform e-commerce di Indonesia.
Setiap tahunnya, hampir seluruh platform belanja online memberikan penawaran harga-harga menarik.
Hal itu pun tentunya membuat daya tarik tersendiri bagi para konsumen.
Ditambah tahun 2020 menjadi tahun di mana masyarakat harus merasakan perpindahan pola belanja dari offline ke online akibat adanya pandemi.
Baca Juga: Festival Belanja Online Lazada 11.11 Banjir Diskon, Voucher Hingga Gratis Ongkir Seluruh Indonesia
Melihat kondisi itu, Facebook Indonesia pun melakukan riset terhadap 1.515 konsumen dengan rentang usia 18 tahun ke atas mengenai perilaku berbelanja selama pandemi.
Hasilnya, Facebook menemukan 5 fakta unik tentang Hari Belanja Online di Indonesia.
Berikut hasil penuturan Vertical Lead Facebook Indonesia, Aldo Rambie dalam acara Facebook Summit Indonesia 2020, Selasa (10/11).
1. Gen X dan Boomers Mendominasi
Hal pertama yang ditemukan Facebook ialah fakta bahwa Gen X dan Boomers menjadi penyokong mayoritas pertumbuhan selular dan e-commerce.