Follow Us

Akrab Dengan Internet, Begini Pengaruh Pembelajaran Online Bagi Generasi Z

Wahyu Subyanto - Senin, 19 Oktober 2020 | 13:07
Ilustrasi belajar online

Ilustrasi belajar online

Nextren.com - Pandemi covid-19 yang melanda dunia dan juga Indonesia, memaksa semua siswa untuk akrab dengan teknologi, karena proses belajar mengajar dilakukan secara online.

Untungnya, para siswa saat ini termasuk dalam Generasi Z sehingga tidak terlalu kaget dengan keharusan untuk belajar memanfaatkan teknologi.

Hal ini disebabkan proses pembelajaran lewat teknologi memang sangat berbeda dengan cara konvensional, dan memerlukan ketrampilan menggunakan gardware dan software demi kelancaran proses belajar.

Generasi Z atau mereka yang lahir di rentang tahun 1996-2010 disebut sebagai iGeneration, lantaran lahir dan "akrab" dengan internet.

Baca Juga: Samsung Galaxy Tab A7, Tablet Rp 4 Jutaan Untuk Belajar dari Rumah

Baca Juga: Ini Cara Mudah Sambungkan Smartphone ke Layar TV Pintar di Rumah

Mereka juga menjadi kelompok yang paling intensif menggunakan media sosial (globalwebindex).

Hasil penelitian IBM Institute bahkan menyebut 74% generasi Z menghabiskan waktu luangnya untuk melakukan aktifitas online.

Dimana smartphone menjadi perangkat yang paling banyak digunakan dengan presentase mencapai 75%, diikuti dengan laptop (45%), desktop (30%) dan tablet (10%).

Fakta tersebut diamini oleh Nasyillah kelas 8 (Palangkaraya), Eva kelas 9 (Balikpapan) dan Billy kelas 11 (Surabaya).

Dalam Podcast bersama Telset TV, mereka kompak menyebut bahwa smartphone adalah perangkat yang paling sering digunakan, baik untuk berkomunikasi via whatsapp, belajar online ataupun mencari informasi di internet.

Ketiga siswa tersebut juga mengaku bahwa rutinitas mereka di dunia maya kini lebih banyak didominasi oleh aktifitas yang terkait dengan pembelajaran online.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest