Follow Us

Huawei Rayu Developer Agar Bisa Hadirkan Play Store di AppGallery

Fahmi Bagas - Selasa, 07 April 2020 | 12:32
Ilustrasi AppSearch milik Huawei
GSMArena

Ilustrasi AppSearch milik Huawei

Nextren.com - Huawei Mobile Service (HMS) sebuah layanan aplikasi milik Huawei yang disediakan untuk penggunanya sebagai pengganti Google Service.

Perusahaan asal Tiongkok tersebut mengenalkan HMS pada beberapa bulan lalu bersamaan dengan rilis smartphone Huawei Mate Xs.

Hal ini juga menjadi upaya Huawei untuk memberikan layanan yang seimbang untuk para penggunanya yang sudah tidak bisa merasakan layanan Google sejak September 2019 lalu.

HMS juga saat ini belum sepenuhnya dapat dikatakan seperti Google Service.

Baca Juga: Huawei Buat Layanan Mirip Google Service untuk Hilangkan Kecanduan Pada Google

Pasalnya, Huawei masih melakukan kerjasama dengan beberapa aplikasi untuk bisa memberikan layanan kepada pelanggannya.

Salah satu contohnya saja adalah TomTom yang diproyeksikan oleh Huawei sebagai pengganti Google Maps.

"Aplikasi yang kita pilih adalah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di negara tersebut." ujar Lho king seng, Deputy Country Director Huawei Indonesia, saat ditemui Nextren pada bulan Februari lalu.

Setelah dua bulan berjalan di pasaran, nampaknya kinerja HMS masih dianggap kurang dan masih menjadi pertimbangan bagi orang-orang jika ingin membeli perangkat Huawei.

Belakangan ini juga terdengar kabar kalau pihak Google saat ini sedang melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Amerika Serikat untuk memasukkan perusahaannya ke dalam daftar pengecualian seperti Microsoft.

Ketidakhadiran Google di Huawei memang dikarenakan adanya pelarangan dari Pemerintah AS yang menilai bahwa perusahaan Tiongkok tersebut adalah mata-mata yang berbahaya.

Sampai sekarang, upaya Google tersebut masih belum terdengar perkembangannya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest