NASA Gunakan Teleskop JWS Demi Temukan Oksigen Diluar Bumi

Fahmi Bagas - Jumat, 10 Januari 2020 | 12:45
Ilustrasi NASA

Nextren.com - Rumor yang mengatakan bahwa manusia akan diusahakan untuk pindah ke planet lain bumi telah digembar-gemborkan sejak beberapa tahun lalu.

Ilmuwan yang mendukung program ini terus merencakan cara bagaimana hal itu dapat diwujudkan dengan efektif.

Sepertinya perkembangan tentang pencarian planet baru yang bisa dihuni manusia sebagai pengganti bumi, semakin menemukan titik temunya.

Beberapa waktu lalu, para ilmuwan yang bekerja di NASA menemukan cara terbaru untuk bisa mendeteksi keberadaan oksigen di planet lain.

Baca Juga: Produk Samsung Galaxy Kena Hack, Aktor dan Idol Korea Jadi Korbannya

Oksigen merupakan salah satu unsur penting yang harus ada di planet 'terbaru' ini agar tetap menjaga keberlangsungan hidup manusia.

Alat yang digunakan oleh para ilmuwan ini adalah NASA James Webb Space Telescope (JWST).+

"Sebelumnya, oksigen di tingkat yang sama dengan Bumi dianggap tidak terdeteksi oleh teleskop Webb" ungkap Thomas Fauchez, Peneliti Planet dari NASA Goddard Space Flight Center di Maryland.

Kadar oksigen yang sama dengan Bumi sengaja tidak dianggap karena oksigen yang lebih baik merupakan aspek penting untuk digunakan oleh manusia dan juga organisme lainnya seperti tumbuhan untuk berfotosistesis.

Baca Juga: Inilah Penampakan Kebakaran Lahan Australia Dari Luar Angkasa, Ngeri!

Rencana NASA untuk menemukan oksigen menggunakan JWST ini juga didukung oleh Edward Schieterman.

Mengutip dari Kompas.com, Edward menyatakan, "Teknik ini akan memungkinkan kita menemukan oksigen di suatu planet, baik yang hidup maupun yang mati".

Editor : Wahyu Subyanto