Follow Us

Aplikasi Autocilllin Mobile Claim Permudah Klaim Asuransi, Cukup Lewat Hape Saja

Wahyu Subyanto - Kamis, 22 Agustus 2019 | 19:00
Ilustrasi mobil tabrakan
Ivan Casagrande Momot

Ilustrasi mobil tabrakan

Penetrasi pasar asuransi mobil di kota besar harus disesuaikan dengan segala sesuatu yang mudah dan simpel.

Belum lagi kondisi jalanan yang padat, menyebabkan risiko kecelakaan bahkan baret antar kendaraan menjadi lebih besar.

Hadirnya asuransi mobil dapat menjadi mitigasi untuk risiko-risiko yang ada.

Di samping itu, saat ini di Indonesia pun mengalami kondisi yang cukup unik menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 jumlah generasi millenial di Indonesia mencapai 40% dari total penduduk Indonesia.

Baca Juga: Lewat Aplikasi Hape Oppo Rusak Akan Dijemput Untuk Diservis, Amankah?

Jumlah tersebut akan melonjak pada tahun 2020 yaitu sebesar 50%-60%.

Menurut Wayan Pariama, Chief Marketing Officer Adira Insurance, karena adanya dua kondisi tersebut, diperlukan solusi untuk mitigasi risiko hingga peluang peningkatan literasi dan inklusi asuransi di kalangan millenial.

Karakter masyarakat perkotaan yang sebagian besar didominasi generasi millenial memiliki kesamaan yaitu ingin segalanya lebih mudah.

Sesuai dengan kampanye yang dijalankan oleh Autocillin yaitu #1JariBeres, Autocillin mengklaim lebih mudah mengajukan klaim.

Baca Juga: Xiaomi, Oppo dan Vivo Kolaborasi Membuat Aplikasi Serupa AirDrop

“Asuransi identik dengan pengajuan klaim yang susah, namun hadirnya Autocillin menjadi solusi bahwa klaim itu simple hanya 1 jari beres, mobil Anda kembali mulus lagi,” ujar Wayan.

Kampanye #1JariBeres ditujukan untuk generasi millenial yang ingin serba mudah, melibatkan experience, dan digital savy.

“Generasi millenial menjadi potential buyer khususnya untuk asuransi mobil sehingga mampu mendongkrak performa Adira Insurance yang memang bisnis utamanya adalah asuransi kendaraan,” jelas Wayan.

Untuk menggulirkan Kampanye itu, Autocillin membuat strategi komunikasi yang masif dan edukatif.

Baca Juga: Oppo Rilis Aplikasi Servis, Berani Jamin Perbaiki Hape Dalam 1 Jam

“Namun tetap kekinian. Dengan mengkomunikasikan apa saja sih risiko yang dapat menimpa mobil kesayangan,“ tambah Wayan.

Berbagai channel baik konvensional maupun digital telah dipilih Autocillin untuk menjangkau generasi millenial yang haus akan pengetahuan khususnya terkait asuransi mobil.

Autocillin juga menggandeng berbagai influencer untuk turut memberikan edukasi tentang pentingnya asuransi mobil.

“Influencer ini dipercaya oleh audiencenya, sehingga harapannya audience dapat paham mengenai asuransi itu bukan suatu hal yang rumit, namun dapat dilakukan dengan 1 Jari Beres,” tambah Wayan.

Baca Juga: Fintech TaniFund Pakai Teknologi Berbasis Aplikasi Untuk Mitra Petani

Tidak hanya itu, diigunakan juga berbagai macam platform yang digemari oleh generasi millenial seperti Youtube.

Autocillin menciptakan video tentang risiko-risiko yang tidak terduga sama sekali yang bisa saja menimpa mobil kesayangan.

“Kami kemas dalam konsep yang sedikit nyeleneh supaya audience dengan mudah mengingat risiko yang mungkin terjadi jika mereka tidak menggunakan asuransi mobil. Selain itu, video dengan konsep seperti ini biasanya yang digemari oleh netizen khususnya generasi millenial,” ungkap Wayan.

Pelayanan berbasis teknologi dengan memberikan experience baik bagi pelanggan, diciptakan dari proses pelaporan klaim, lewat Autocilllin Mobile Claim Application (AMC).

Baca Juga: Hati-hati, Aplikasi Bawaan Google Ini Bisa Bikin Baterai Android Boros

Pelanggan cukup mengisi laporan kronologis kejadian kerusakan serta upload foto kerusakan kendaraan di aplikasi tersebut.

Bahkan AMC telah terhubung langsung dengan Autocillin Garage, sebuah bengkel rekanan yang telah dilakukan standarisasi.

Alhasil pelanggan diklaim bisa merasakan pengalaman yang sama saat ke Adira Insurance, yaitu saat mengalami kerusakan ringan dengan batasan 3-4 panel dapat diberikan pelayanan same day repair.

Sepanjang tahun 2019 laporan klaim yang masuk menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim sudah lebih dari 4.000 laporan setiap bulannya.

Baca Juga: Startup Minuman Lokal Goola Milik Anak Jokowi Diguyur Investasi Rp 71 Miliar, Siap Pakai Aplikasi Mobile

Angka ini mencapai lebih dari 95% total klaim kendaraan bermotor roda 4, dengan seluruh proses laporan dan follow up menggunakan satu sistem yang juga sudah terintegrasi dengan 23 Autocillin Garage di seluruh Indonesia.

“Sebenarnya memang Autocillin ini dapat dinikmati oleh seluruh generasi, bahkan generasi baby boomers maupun generasi X dapat menjadi Generasi Millenial dengan menggunakan Autocillin. Dengan AMC semua orang dengan mudah mengakses smartphone nya untuk urusan klaim,” tutup Wayan.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest