Follow Us

Ujicoba Teknologi 5G Smartfren di Pabrik Bekasi, Kecepatan Tembus 8,7 Gbps

Wahyu Subyanto - Senin, 19 Agustus 2019 | 19:25
Kecepatan hasil uji jaringan 5G oleh smartrfren di pabrik minyak goreng di Bekasi
way

Kecepatan hasil uji jaringan 5G oleh smartrfren di pabrik minyak goreng di Bekasi

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.com - Tahun lalu tiga operator besar, Telkomsel, XL lalu Indosat sudah menguji coba internet 5G, terutama jika dipakai pelanggan lewat smartphone dan demo (showcase) di Asian games 2019.

Kini giliran smartfren yang bekerjasama dengan ZTE, menguji teknologi jaringan generasi ke-5 ini.

Tidak seperti tiga operator sebelumnya, Smartfren lebih dulu membidik sektor industri sebagai calon calon pengguna potensial.

Teknologi 5G smartfren ini dicoba hari ini (19/8) untuk diterapkan di PT Sinarmas Agro Resources and Technology Tbk (PT Smart Tbk), di Marunda Refinery PT Smart Tb, Bekasi.

Baca Juga: 5 Hambatan Penerapan 5G di Indonesia, Meski Operator Siap Masuk 5G

Ini adalah pabrik pengolahan minyak sawit dari grup Sinar Mas, yang dikatakan sebagai pabrik paling canggih di grup perusahaan itu.

Teknologi 5G yang diterapkan adalah dengan memasang 360 camera, yang terkoneksi lewat jaringan 5G ke virtual reality headset.

Saat dipakai, virtual reality headset maka jalur logistik pengiriman barang di warehouse PT Smart akan terpantau secara real time.

Penggunaan perangkat serba otomatis diperlukan karena itu adalah area yang tidak boleh dimasuki manusia, karena ada banyak bahan dan proses yang berbahaya.

Baca Juga: CEO Baru Indosat Ahmad Al-Neama Menilai Indonesia Belum Saatnya Masuk Jaringan 5G

Maka di area tersebut, semuanya menggunakan mesin serba otomatis.

Jika sistem menemukan adanya kesalahan sistem di jalur logistik dan pengiriman tersebut, maka bisa segera diluncurkan drone pemantauan untuk melihat apa kesalahannya dan lokasi terjadinya secara lebih jelas .

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest