Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo
Nextren.com -Saat ini pengguna tablet memang tidak sebanyak pengguna hape.
Wajar, kebanyakan tablet memang hanya unggul di ukuran layar yang lebih besar dan dikhususkan untuk keperluan kerja atau bisnis.
Tapi rasanya beberapa keperluan bisnis saat ini sudah bisa didapatkan dari hape.
Sebagai perbandingan, rata-rata cuma ada 1 tablet untuk setiap 10 hape yang terjual di seluruh dunia.
Dari sejumlah merek tablet, kira-kira mana yang paling populer?
Baca Juga: Samsung Galaxy Tab S6 Diperkenalkan Dengan Harga Mulai Rp 10 Jutaan
Nah, baru-baru ini IDC (International Data Corporation) baru saja merilis daftar merek tablet paling banyak terjual di periode kuartal kedua (Q2) tahun ini.
Hasilnya, tablet dari keluaran Apple yaitu iPad masih jadi yang terpopuler.
Menurut data dari IDC, secara keseluruan ada sekitar 32,2 juta tablet yang berhasil terjual kuartal ini.
Dari total tersebut, sebanyak 38,1 persen dikuasai oleh produk dari Apple.
Artinya, ada sekitar 12,3 juta iPad yang berhasil terjual di seluruh dunia.
Angka ini membuat Apple jadi semakin kokoh sebagai penguasa pasar tablet dunia.
Menyusul Apple ada Samsung dengan persentase sebesar 15,2 persen. Berikutnya ada Huawei dengan 10,3 persen.
Berikut ini daftar lengkapnya.
Baca Juga: Makin Aneh, IBM Akan Bikin Smartwatch yang Bisa Berubah Jadi HP dan Tablet
Dua tempat terbawah dalam daftar 5 besar diisi oleh Amazon.com dan Lenovo.
Amazon terbilang cukup berhasil meningkatkan penjualan Kindle mereka dari periode sebelumnya.
Dari total 1,6 juta unit di Q2 2018, menjadi 2,4 juta unit di Q2 2019.
Sementara Lenovo masih terus berjuang walaupun selalu mengalami penurunan penjulan dari tahun ke tahun.
Kokohnya Apple di puncak ini tentunya berkat peningkatan jumlah pengiriman iPad Air secara signifikan pada bulan Maret lalu.
Baca Juga: Belum Puas, Samsung Patenkan Model HP yang Bisa Berubah Jadi Tablet
Penjualan seri terbaru ini juga cukup sukses mendongkrak pendapatan Apple secara keseluruhan.
Di sisi lain, Samsung dan Huawei justru mengalami sedikit penurunan dalam hal penjualan.
Tapi angka sebaran produk milik Samsung berhasil meningkat dari 14,9 persen di tahun 2018 menjadi 15,2 persen di tahun ini.
Peningkatan ini dinilai cukup positif bagi Samsung.
Menurut IDC, sebagian besar penjualan tablet Samsung berasal dari Galaxy Tab A dan Tab E.
Walaupun masih kalah populer dengan hape, nyatanya produk tablet masih punya pasar tersendiri.
Jadi, apakah kalian masih aktif pakai tablet?
Baca Juga: 10 Fitur Terbaik di iPadOS 13 Yang Wajib Diketahui dan Dicoba
(*)