Follow Us

Xiaomi Kuasai Pasar India Selama 2 Tahun Berturut-turut, Terutama di Kelas Rp 3-4 Jutaan

Wahyu Prihastomo - Selasa, 30 Juli 2019 | 15:15
Xiaomi Berhasil Kuasai Pasar India Selama 8 Kuartal Berturut-turut

Xiaomi Berhasil Kuasai Pasar India Selama 8 Kuartal Berturut-turut

Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo

Nextren.com - Lembaga riset pasar Canalyst baru saja merilis hasil pantauan mereka mengenai jumlah penjualan produk HP di India.

Hasilnya cukup mengejutkan, merek asal Tiongkok, Xiaomi, kembali berhasil menguasai pasar di kuartal kedua tahun 2019 ini.

Hasil ini sekaligus membuat Xiaomi berhasil ada di puncak pasar HP selama 8 kuartal atau 2 tahun tahun berturut-turut.

Baca Juga: Xiaomi India Rayakan Dibukanya Service Center Mereka ke-2000

Di kuartal kedua tahun ini, Xiaomi berhasil unggul cukup jauh dari pesaing terdekatnya yaitu Samsung.

Xiaomi unggul dengan total penjualan sebanyak 10,3 juta unit, sedangkan Samsung tertahan di angka 7,3 juta.

Di posisi 3 sampai 5 berturut-turut ditempati oleh Vivo, Oppo, dan Realme.

Menariknya, merek populer lain seperti Apple dan Huawei justru tidak berhasil masuk ke 5 besar.

Baca Juga: Kemahalan, Warga India Bikin Petisi Minta Harga Redmi K20 Diturunkan

Total penjualan HP di India berdasarkan data Canalyst.
GSM Arena

Total penjualan HP di India berdasarkan data Canalyst.

Merek lain itu cuma masuk ke golongan "others" atau lain-lain dengan penjualan yang cuma menyentuh angka 3,9 juta unit.

Keberhasilan Xiaomi di pasar India memang sudah diprediksikan banyak pihak. Termasuk lembaga riset lainnya seperti Counterpoint.

Counterpoint sebelum ini juga sudah merilis hasil riset mereka yang juga menempatkan Xiaomi di posisi puncak.

Hal lain yang menarik adalah, persentase penjualan dari merek yang ada di 5 besar secara total naik menjadi 88%.

Baca Juga: Xiaomi Kenalkan Mesin Penjual Hape Otomatis di India, Beli Hape Jadi Mudah

Sementara di periode yang sama tahun lalu hanya mencatatkan sebesar 80%.

Canalyst juga mencatat kalau keberhasilan Xiaomi ini didukung oleh penjualan produk mereka yang ada di kelas entry-level sampai mid-range.

Umumnya, harga HP yang ada di level itu berkisar di antara 15.000-20.000 Rupee atau sekitar Rp 3-4 jutaan.

Untuk kisaran harga yang ada di bawah angka itu rupanya masih dikuasai oleh Vivo dengan produk mereka seperti Vivo Y17 dan Vivo Y91.

Sementara untuk kelas high-end atau flagship justru berhasil dikuasai oleh OnePlus dengan OnePlus 7 dan 7 Pro.

Baca Juga: OnePlus 7 dan 7 Pro Sukses Jadi HP Flagship Paling Laris di India

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest